Pertanyaan: Saya telah menikah selama sekitar 10 bulan. Kemudian istri pergi ke rumah orang tuanya. Dan ini sudah berjalan 1 bulan dia tidak mau pulang ke rumah dengan alasan ibu saya terlalu cerewet. Dia bilang ibu saya selalu mengatakan hal yang sama setiap hari. Saya butuh solusi. Saya pernah ke rumah mertua untuk mengajaknya pulang, tetapi istri saya tetap tidak mau pulang.

Jawaban oleh Tim Fatwa Asy-Syabakah Al-Islamiyah, diketuai Syaikh Abdullah Al-Faqih

Segala puji hanya milik Allah, Rab semesta alam. Selawat dan salam kepada Rasulullah , kepada keluarganya, sahabatnya. Saya bersaksi bahwa tiada Ilah yang hak untuk diibadahi selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusannya.

Pertama-tema, kami nasihatkan kepada Anda untuk berdoa kepada Allah dengan tulus agar Allah memperbaiki urusan dan mendamaikan ibu Anda dengan istri Anda.

Doa adalah cara terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang muslim untuk mencapai apa yang dia inginkan. Allah itu Maha Rahman, Maha Pengasih. Allah memerintahkan kita untuk berdoa kepadanya dan Allah pula yang menjanjikan jawaban atas doa-doa kita. Allah ta’ala berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

“Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepadaKu niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang sombong yang tidak mau menyembahKu akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina,’” (QS Gafir: 60).

Jika Istri Diajak Tinggal Bersama Mertua

Jika dulu Anda menjadikan istri Anda tinggal bersama ibu Anda, maka berusahalah untuk mencari tempat tinggal sendiri untuk istri Anda sehingga dia tidak perlu mendapatkan kesulitan seperti itu. Tempat tinggal yang terpisah dari orang tua adalah hak istri di dalam Islam. Juga di dalam Islam, istri tidak wajib tinggal bersama mertuanya atau siapa pun dari saudara suaminya (seperti ipar, dll).

Untuk hal ini, Anda tidak harus membeli rumah sendiri untuk istri Anda. Anda bisa saja menyewa rumah, meminjam rumah, atau yang lainnya. Ini seperti yang dikatakan oleh para ahli fikih seperti As-Sirbini rahimahullah dari mazhab Syafiiah.

Jika Tidak Tinggal Bersama Mertua, Tetapi Istri Tidak Mau Pulang

Nah, jika Anda dan istri sudah tinggal sendiri, terpisah dari orang tua Anda, tetapi dia masih merasa terganggu dengan ibu Anda, maka dalam hal ini hendaknya Anda berusaha mencegah ibu Anda dari menyakiti perasaan istri Anda. Nasihati ibu Anda dengan cara yang paling halus dan paling sopan. Dengan demikian, semoga Anda bisa mendamaikan keduanya.

Kalau tidak, Anda boleh meminta bantuan orang-orang saleh yang dihormati oleh ibu Anda dan juga dihormati oleh istri Anda. Dengan demikian, semoga keduanya mau mendengar nasihat orang saleh tersebut.

Apakah Istri Durhaka Pergi Dari Rumah?

Tentang istri Anda yang menolak kembali ke rumah Anda, jika dia memiliki uzur atau alasan yang syar’I, in sya Allah dia tidak termasuk durhaka.

Jika uzur atau penyebab kepergiannya yang syar’I itu sudah tidak Anda, dia wajib untuk pulang bersama Anda. Jika dia menolak tanpa adanya uzur syar’I, maka istri tadi sudah termasuk durhaka atau nusyuz.

Wallahu’alam bish shawwab.

Fatwa No: 390547

Tanggal: 22 January 2019 (16 Jumadil Ula 1440)

Sumber: Asy-Syabakah Al-Islamiyah

Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)