Uncategorized

Di Antara Ringkasan Fikih Salat Jumat

💡Salat Jumat adalah fardu ain (wajib atas setiap muslim), dah diwajibkan Salat Jumat atas lelaki muslim yang merdeka, mukalaf (sudah terkena beban syar’i atau baligh), sedang bermukim, dan yang sedang tidak ada uzur. Diwajibkan Salat Jumat atas semua orang di negeri tersebut.

📌Tidak wajib Salat Jumat untuk para wanita, juga untuk para hamba sahaya, anak-anak, dan musafir. Siapa saja yang tidak diwajibkan untuk melaksanakan Salat Jumat, maka wajib baginya untuk Salat Zuhur. Tetapi jika dia hadir di Salat Jumat, maka salatnya itu sudah mencukupi.

💡Siapa saja yang tidak diwajibkan untuk Salat Jumat, seperti musafir, orang sakit, dan uzur yang lainnya, maka dia Salat Zuhur sebelum imam (Salat Jumat) memulai salat. Wajib dia melakukan Salat Zuhur setelah masuk waktu zuhur.

📌Tidak boleh bepergian setelah waktu zawal di hari Jumat, kecuali dalam keadaan darurat. Boleh baginya bepergian sebelum waktu zawal. Yang dimaksud waktu zawal adalah sebelum azan Zuhur, sekitar 10-20 menit.

💡Khutbah adalah syarat dalam Salat Jumat. Pergelaran Salat Jumat menjadi tidak sah tanpa khutbah. Disyaratkan agar khutbah Jumat dilaksanakan dua kali: khutbah sebelum duduk istirahat, dan khutbah setelahnya. Kadar minimal dari Khutbah Jumat adalah apa yang menurut adat sudah disebut khutbah. Maka tidak cukup di dalam khutbah jika hanya berbicara tentang tercelanya dunia atau mengingat mati.

📌Disyaratkan dalam sahnya Salat Jumat adalah bahwa Salat Jumat dilakukan setelah Khutbah Jumat, bukan sebelumnya. Disyaratkan hadirnya jamaah dalam Salat Jumat. Maka tidak sah bagi siapa saja yang datang Salat Jumat secara munfarid (sendiri/terlambat). Dan siapa saja yang terlewat dari Salat Jumat, dia melakukan Salat Zuhur sebanyak empat rekaat.

💡Wajib diam ketika Khutbah Jumat, dan haram berbicara, menjawab salam, menjawab ucapan orang yang bersin ketika khutbah. Disyariatkan untuk berselawat atas Nabi ﷺ secara pelan-pelan jika disebutkan nama beliau dalam khutbah.

BACA JUGA:  Hukum Tindak Pidana Korupsi di dalam Islam

📌Disunahkan bagi siapa saja yang masuk masjid di hari Jumat untuk salat dua rekaat (tahiyatul masjid), bahkan ketika imam sedang menyampaikan Khutbah Jumat. Haram melintasi leher-leher para jemaah ketika khutbah, kecuali ada celah di antaranya yang hanya bisa dicapai kecuali harus melewati orang yang duduk.

💡Siapa saja yang mendapati Salat Jumat, meski jemaat sedang rukuk rekaat kedua, sungguh dia telah mendapati Salat Jumat. (Sehabis imam salam), dia tambahkan rekaat lainnya untuk melengkapi salatnya tadi. Siapa saja yang mendapati Salat Jumat setelah jemaat berdiri dari rukuk rekaat kedua, sungguh dia telah terlewat dari Salat Jumat. Dengan begitu dia melengkapi salatnya tadi dengan Salat Zuhur empat rekaat.

📌Disunahkan dalam Salat Fajar (Subuh) di hari Jumat untuk membaca Surat As-Sajdah di rekaat pertama dan Surat Al-Insan di rekaat kedua. Disunahkan untuk membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat sebelum Salat Jumat atau setelahnya, dan tidak disyariatkan untuk membacanya di Malam Jumat karena tidak ada dalil tentang hal itu.

💡Disunahkan untuk memperbanyak doa di hari Jumat, berdasarkan hadis Abu Hurairah Radhiyallahuanhu: Rasulullah ﷺ ketika menyebut hari Jumat beliau bersabda: Di dalamnya ada waktu yang tidaklah seorang hamba Muslim yang meminta kepada Allah apa saja, kecuali bakal diberikan apa yang dia minta tadi.

📌Disunahkan untuk mandi di hari Jumat, berdasarkan sabda Nabi ﷺ: “Mandi hari Jumat adalah wajib bagi setiap muhtalim (orang yang sudah baligh), juga bersiwak dan memakai wangi-wangian jika ada.”

💡Dimulainya waktu mandi Jumat adalah sejak terbitnya matahari hari Jumat. Afdalnya dilakukan ketika hendak pergi Salat Jumat. Sunah mandi ini hanya sah jika dilakukan sebelum Salat Jumat.

📌Disunahkan dalam menghadiri Salat Jumat untuk memakai wewangian, bersiwak, berhias dan memakai baju (gamis) yang bagus. Disunahkan untuk berangkat di awal-awal menjelang siang, dengan berjalan kaki.

📚Al-Mausuah Al-Fiqhiyah – Dorar Saniyah
https://dorar.net/feqhia/1571

📣Share meski hanya satu ayat..Tunjukkanlah pada kebaikan

Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di PPTQ At-Taqwa Sukoharjo)
=========
🕌 مِن فِقْه صلاة الجُمعَة:

BACA JUGA:  Pondasi Peradaban Masyarakat Islami, Quran Surat Al-Hujurat Ayat 11

💡 صلاة الجمعة فرض عين، وتجب صلاة الجمعة على الرجال، الأحرار، المكلفين، المقيمين، الذين لا عذر لهم، وتجب صلاة الجمعة على جميع من في البلد.

📌 لا تجب صلاة الجمعة على المرأة، ولا على العبد، ولا على الصبي، ولا على المسافر، ومن لا تجب عليهم الجمعة فعليهم الظهر، فإن حضروا صلاة الجمعة وصلوها أجزأتهم.

💡 من لا تجب عليه الجمعة -كالمسافر، والمريض، وسائر المعذورين- فله أن يصلي الظهر قبل صلاة الإمام، على أن تكون صلاتهم بعد دخول وقت الظهر.

📌 لا يجوز إنشاء السفر بعد زوال الشمس يوم الجمعة بلا ضرورة، ويجوز السفر قبل الزوال، والمقصود بالزوال هو ما قبل أذان الظهر بنحو (10 – 20) دقيقة تقريبا.

💡 الخطبة شرط في الجمعة لا تصح بدونها، ويشترط أن تكون للجمعة خطبتان: خطبة قبل جلسة الاستراحة وخطبة بعدها، وأقل ما يجزئ من الخطبة ما يقع عليه اسم الخطبة عُرْفًا، فلا يكفي في الخطبة ذَمُّ الدنيا وذِكْرُ الموت.

📌 يشترط في صحة صلاة الجمعة أن تكون بعد خطبة الجمعة لا قبلها، ويشترط حضور جماعة في صلاة الجمعة فلا تصح من منفرد، ومن فاتته صلاة الجمعة صلى الظهر أربعا.

💡 يجب الإنصات أثناء خطبة الجمعة ويحرم الكلام، ولا يرد السلام، ولا يشمت العاطس أثناء الخطبة، ويشرع أن يصلى على النبي ﷺ سرا إذا ذكر في الخطبة.

📌 يستحب لمن دخل المسجد يوم الجمعة صلاة ركعتين تحية المسجد حتى ولو كان الإمام يخطب الجمعة، ويحرم تخطي الرقاب حال الخطبة إلا إذا وجد فرجة لا يصل إليها إلا بتخطي الجالسين.

💡 من أدرك من صلاة الجمعة ولو ركوع الركعة الثانية فقد أدرك الجمعة ويضيف إليها ركعة أخرى ليتم صلاته، ومن أدركهم بعدما رفعوا من ركوع الركعة الثانية فقد فاتته صلاة الجمعة ويتمها ظهرا أربع ركعات.

📌 يسن في صلاة فجر يوم الجمعة قراءة سورة (السجدة) في الركعة الأولى، وسورة (الإنسان) في الركعة الثانية، ويستحب قراءة سورة الكهف يوم الجمعة قبل صلاة الجمعة أو بعدها، ولا يشرع قراءتها ليلة الجمعة لأنه لا دليل على ذلك.

BACA JUGA:  Kelalaian dan Mawas Diri

💡 يستحب الإكثار من الدعاء يوم الجمعة؛ لحديث أبي هريرة رضي الله عنه: أن رسول الله ﷺ: ذكر يوم الجمعة فقال: (فيه ساعة لا يوافقها عبد مسلم وهو قائم يصلي يسأل الله شيئا إلا أعطاه إياه).

📌 يسن الغسل يوم الجمعة؛ لقول النبي ﷺ: (الغسل يوم الجمعة واجب على كل محتلم، وأن يستن، وأن يمس طيبا إن وجد).

💡 يبدأ وقت غسل الجمعة من بعد طلوع الفجر يوم الجمعة، والأفضل أن يكون عند الرواح إلى صلاة الجمعة، ولا تحصل سنة الاغتسال إلا قبل صلاة الجمعة.

📌 يستحب لحضور صلاة الجمعة أن يتطيب ويستاك، ويتزين ويلبس أحسن ثيابه، ويستحب التبكير بالذهاب من أول النهار، وأن يذهب إليها ماشيا.

📚 الموسوعة الفقهية – موقع الدرر السنية
https://dorar.net/feqhia/1571

📣 بلِّغ ولو آية.. فالدال على الخير كفاعله

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button