Uncategorized

Guru Harus Baca, Nasihat untuk para Guru

Pertanyaan:
Saya seorang guru SD. Bagaimana cara berinteraksi dengan para siswa agar mereka merasakan ruh (semangat) keislaman dan menjadikan kisah Rasulullah—Shallallâhu `alaihi wa sallam—dan para shahabat beliau sebagai suri teladan bagi mereka? Jazâkumullâhu khairan.

Jawaban oleh Fatwa Center IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqitti
Segala puji hanya milik Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Ilah yang hak untuk diibadahi selain Allah, dan bahwa Muhammad ﷺ adalah hamba dan utusanNya.

Seorang guru mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat mulia jika mampu melaksanakan tugasnya, dakwahnya, dan pengajarannya secara maksimal. Dengan demikian, ia telah membawa bendera Rasulullah ﷺ dan melanjutkan misi beliau.

Allah Subhânahu wa Ta`âlâ berfirman (yang artinya):

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولاً مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةََ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلالٍ مُبِين

“Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” [QS. Ali `Imrân: 164]

Sebuah hadits diriwayatkan dari Abdullah ibnu `Amru bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

َإِنَّمَا بُعِثْتُ مُعَلِّمًا

“Aku diutus untuk menjadi seorang guru.” [HR. Ad-Dârimi: 361. Husein Ad-Darani: Daif; dan Ibnu Mâjah: 229. Al-Albani: Daif]

Hadits lain diriwayatkan dari Abu Umamah Al-Bâhili, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,


إن الله وملائكته وأهل السماوات والأرضين حتى النملة في جحرها وحتى الحوت ليصلون على معلم الناس الخير.

“Sesungguhnya Allah, para Malaikat-Nya, serta penduduk langit dan bumi, bahkan semut yang ada di dalam sarangnya, hingga ikan paus, semuanya akan mendoakan orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia,”__ [HR. At-Tirmidzi: 2685, Ibnu Mâjah, dan Ath-Thabrâni. Al-Albani: Sahih].

Seorang guru hendaklah menyadari bahwa semua orang telah menitipkan buah hati mereka di tangannya agar dibentuk pemikirannya dan diluruskan pemahamannya. Bahkan mereka telah menyerahkan kepadanya sebuah tugas yang sangat penting. Karena ia dapat—Insyâ Allâh—menanamkan di dalam jiwa anak-anak didiknya prinsip kesucian, kehormatan, keberanian, serta rasa cinta kepada Agama dan para pemeluknya. Sebagaimana ia juga bisa saja menanamkan pada diri mereka kehinaan, sifat penakut, pengkhianat, dan kesesatan, na`ûdzubillâh.

BACA JUGA:  Tanda-Tanda Kiamat: Eksodus (Hijrah Besar-Besaran) ke Wilayah Syam

Beberapa hal yang dapat membantu seorang guru dalam menjalankan tugasnya adalah:

1. Mengikhlaskan niat dan membersihkan hati;
2. Memperbanyak doa agar diberi taufiq (bimbingan) oleh Allah dan dijadikan sebagai penyebab datangnya hidayah bagi orang lain;
3. Selalu mengkaji kitab-kitab fiqih, sejarah, biografi para ulama, dan lain-lain;
4. Melakukan persiapan yang matang dan memperbagus cara penyampaian pelajaran;
5. Menjadikan diri sebagai suri teladan, sebab pengaruh perbuatan terhadap orang lain lebih kuat dibandingkan pengaruh perkataan;
6. Selalu menjalin komunikasi dengan para wali murid;
7. Bijaksana dalam bertindak; bersikap tegas ketika dibutuhkan tegas, dan bersikap lembut ketika diperlukan lembut.
8. Selalu mengikat para murid dengan suri teladan utama kita, yaitu Rasulullah ﷺ dan para shahabat beliau.

Kita berdoa semoga Allah senantiasa memberikan taufiq-Nya kepada Anda untuk melakukan setiap kebaikan.

Wallâhu a`lam.

Fatwa No: 26405
Tanggal: 15 Desember 2002
Sumber: IslamWeb.Net
==========


السؤال

أنا معلم للمرحلة الابتدائية كيف أتعامل مع التلاميذ بشكل يحيي روح الإسلام ويجعل من قصص الرسول صلى الله عليه وسلم وأصحابه رضوان الله عليهم قدوة لهم ” للتلاميذ” ؟ وجزاكم الله كل خير….

الفتوى

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

فللمعلم دوره ومكانته العظيمة إن قام بعمله ودعوته وإرشاده للناس خير قيام، فهو بذلك يحمل راية النبي صلى الله عليه وسلم، ويقوم بوظيفته، قال الله تعالى: لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولاً مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةََ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلالٍ مُبِينٍ [آل عمران:164].
وأخرج الدارمي وابن ماجه من حديث عبد الله بن عمرو أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إنما بعثت معلماً. 
وفي الترمذي وابن ماجه والطبراني من حديث أبي أمامة الباهلي أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن الله وملائكته وأهل السماوات والأرضين حتى النملة في جحرها وحتى الحوت ليصلون على معلم الناس الخير. 
وليستشعر المعلم والمدرس أن الناس قد وضعوا بين يديه فلذات أكبادهم ليصوغ عقولهم ويقوِّم اعوجاجهم، وأنهم قد أوكلوا إليه مهمة من أعظم المهمات حيث إنه قادر بإذن الله تعالى أن يزرع الطهر والعفاف والشجاعة وحب الدين وأهله.. وفي المقابل قد يزرع الخسة والجبن والغدر والانحراف والعياذ بالله، ومما يعين المعلم على القيام بمهمته ما يلي: 
1- صدق النية وصلاح الطوية. 
2- أن يكثر من الدعاء بأن يوفقه الله وأن يجعله سبباً لهداية الناس. 
3- المطالعة المستمرة في شتى كتب الفقه والسيرة والتراجم وغير ذلك. 
4- حسن التحضير وجودة الإلقاء. 
5- أن يكون قدوة صالحة؛ فإن أثر الفعل على الناس أقوى من أثر القول. 
6- أن يكون ذا صلة بأولياء أمور الطلاب. 
7- أن يكون حكيماً في تصرفاته؛ فيقسو عندما يتطلب الأمر ذلك ويلين عندما يتطلب الأمر ذلك. 
8- ربط الطلاب دائماً بالقدوة المثلى رسول الله صلى الله عليه و سلم وصحابته.
والله نسأل أن يوفقك لكل خير. 
والله أعلم.

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button