Tafsir

Surah Maryam Ayat 33: Isa (Yesus) Alaihissalam Adalah Hamba Allah

Oleh Imam Ibnu Katsir Rahimahullah
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman menyampaikan kisah Nabi Isa Alaihisalam (Yesus):
 
وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا
 
“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali,” [QS. Maryam: 33].
 
Menafsirkan ayat tersebut, Imam Ibnu Katsir Rahimahullah berkata:
 
Ayat ini adalah penegasan dari Nabi Isa Alaihissalam mengenai statusnya sebagai hamba di hadapan Allah, dan bahwasanya dia adalah satu makhluk di antara makhluk-makhluk Allah.
 
Di dalam ayat ini, Nabi Isa Alaihissalam menegaskan bahwa dia dihidupkan dan dimatikan, serta dibangkitkan kembali, seperti seluruh makhluk-makhluk lainnya.
 
Akan tetapi, dia mendapatkan kesejahteraan di tiga keadaan ini (kelahirannya, kematiannya, dan kebangkitannya di Hari Kebangkitan). Padahal, ketiga keadaan ini adalah keadaan yang paling sulit bagi setiap hamba Allah.
 
Semoga Allah senantiasa melimpahkan selawat dan salam kepadanya.
 
Wallahu’alam bish shawwab.
 

Sumber: Katsir, Ibnu. Sahih Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta Timur: Pustaka Ibnu Katsir. Jilid 5. Hal: 638-639.

tafsir maryam 33, tafsir surat maryam 33, tafsir qs maryam 33, surat maryam ayat 1-11, surah maryam, qs 3 ayat 45, qs 57 ayat 3, surat maryam untuk ibu hamil, quran 19 33 explanation

BACA JUGA:  Tafsir QS Al-Ikhlas 1-4: Allah Satu, Tidak Beranak, Tidak Punya Orang Tua, Tidak Tertandingi

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

One Comment

  1. Sekilas info…Saat kapanpun YesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.*14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”+++16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.*5:3 Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”+++13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button