Uncategorized

Adab Berpakaian menurut Islam sesuai Quran dan Sunnah



Oleh Syekh Abdulhamid bin Abdurrahman As-Sahibani
1. Hendaknya seorang lelaki tidak memakai pakaian yang terbuat dari sutera atau memakai perhiasan yang terbuat dari emas. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi ketika mengambil sehelai sutera di tangan kiri beliau, lalu saat itu beliau juga mengambil emas di tangan kanan beliau. Setelah itu beliau mengangkat keduanya dan bersabda:
إنَّ هذيْنِ حرامٌ على ذكورِ أمتي
“Sesungguhnya dua barang ini haram bagi umatku yang laki-laki,” (HR Abu Dawud. Hasan).
2. Tidak memanjangkan gamis, atau sarung, atau burnus (baju luar panjang dengan penutup kepala/hoody), atau selendang/gaun, melebihi tumit. Hal ini berdasarkan hadis:
ما أسفلَ مِن الكَعبَينِ مِن الإزارِ في النَّارِ
“Apa-apa (bagian tubuh) yang berada di bawah kedua mata kaki dari sarung kalian, maka tempatnya di neraka,” (HR Bukhari, Ibnu Majah, Ahmad).
3. Bagi muslimah, wajib memanjangkan bajunya hingga menutupi seluruh kakinya, menutup kepalanya, lehernya, dan dadanya. Hal ini didasarkan pada firman Allah :
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Arab-Latin: Yā ayyuhan-nabiyyu qul li`azwājika wa banātika wa nisā`il-mu`minīna yudnīna ‘alaihinna min jalābībihinn, żālika adnā ay yu’rafna fa lā yu`żaīn, wa kānallāhu gafụrar raḥīmā
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS Al-Ahzab: 59).
Selain itu, Allah juga berfirman:
وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنّ
walyaḍribna bikhumurihinna ‘alā juyụbihinna wa lā yubdīna zīnatahunna illā libu’ụlatihinna au ābā`ihinna
“Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka,” (QS An-Nur: 31).
4. Tidak berpakaian dengan metode Isytimalush shama, yaitu seseorang menyelimuti dirinya dengan kain tanpa memberi lubang bagi tangan karena Nabi melarang akan hal ini. Juga, tidak memakai sandal di hanya satu kaki, berdasarkan hadist:
لا يَمشي أحَدُكم في النَّعْلِ الواحدةِ؛ لِينتعِلْهما جميعًا، أو لِيخلَعْهما جميعًا
“Janganlah kalian berjalan dengan memakai satu sandal, hendaknya dia melepaskan keduanya, atau memakai keduanya,” (HR. Muslim).
5. Seorang muslim laki-laki tidak memakai pakaian muslimah, sedang muslimah tidak memakai pakaian muslim laki-laki berdasarkan hadis:
لعن اللهُ الْمُخَنَّثِينَ مِنَ الرجالِ ، والْمُتَرَجِّلاتِ منَ النساءِ
“Allah melaknat lelaki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki,” (HR.Al-Bukhari).
Juga di hadis lain, Rasulullah bersabda:
لعنَ اللهُ الرَّجُلَ يلبَسُ لِبْسَةَ المرأةِ ، والمرأةَ تَلْبَسُ لِبْسَةَ الرجلِ
“Allah melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita, juga Allah melakna wanita yang memakai pakaian laki-laki,” (HR Bukhari).
6. Apabila memakai sandal atau sepatu, dimulai dengan kaki kanan, dan jika hendak melepas sandal atau sepatu, dimulai dengan kaki kiri. Hal ini didasarkan pada hadis:
إِذَا انْتَعَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ باليَمِينِ، وإذَا نَزَعَ فَلْيَبْدَأْ بالشِّمَالِ
“Jika salah seorang dari kalian hendak memakai sandal/sepatu, mulailah dengan yang kanan, sedang jika dia hendak melepasnya, mulailah dengan yang kiri,” (HR Muslim).
7. Memulai berpakaian dari sisi kanan, berdasarkan hadis:
كانَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ يُحِبُّ التَّيَمُّنَ في شَأْنِهِ كُلِّهِ، في نَعْلَيْهِ، وتَرَجُّلِهِ، وطُهُورِهِ
“Sesungguhnya Rasulullah suka mendahulukan bagian kanan pada semua urusannya, ketika memakai sepatu, ketika sikat gigi, dan ketika bersuci,” (HR Muslim).
8. Jika memakai baju baru, atau surban baru, atau pakaian baru apapun, hendaknya membaca doa memakai baju baru:
اللهمَّ لك الحمدُ أنت كسوَتَنيه أسألُك خيرَه وخيرَ ما صُنِع له وأعوذُ بك من شرِّه وشرِّ ما صُنِع له
Allahumma laka_l_hamdu, Anta kasautanîhi, as-aluka khairahu wa khaira mâ shuni’a lahu, wa a’ûdzu bika min syarrihi wa syarri mâ shuni’a lahu
“Ya Allah, bagimu segala pujian, Engkau yang memakaikan aku pakaian ini, aku memohon kepada-Mu akan kebaikannya dan kebaikan yang diadakan untuknya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang diadakan untuknya,” (HR Muslim).
Sumber: Adab Islamiyah, karya Dr. Abdulhamid bin Abdurrahman As-Suhaibani, halaman: 47-48
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)

===============

BACA JUGA:  Tanya-Jawab Islam: Siapakah Makhluk Pertama Yang Diciptakan Allah?

– آداب اللباس
1- أن لا يلبس الرجل الحرير والذهب لقوله – صلى الله عليه وسلم – وقد أخذ حريراً فجعله في يمينه، وذهباً فجعله في شماله: «إن هذين حرام على ذكور أمتي» ([1]).
2- أن لا يطيل ثوبه أو سرواله أو برنسه أو رداءه إلى أن يتجاوز كعبيه لحديث: «ما أسفل من الكعبين من الإزار في النار»([2]).
3- أن تطيل المسلمة لباسها إلى أن يستر قدميها وان تسبل خمارها على رأسها فتستر عنقها ونحرها وصدرها لقوله تعالى: }يا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ{([3])، وقوله سبحانه -: }وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آَبَائِهِنَّ{([4]).
4- أن لا يشتمل الصماء وهو أن يلف الثوب على جسمه، ولا يترك مخرجاً منه ليديه لنهي النبي – صلى الله عليه وسلم – عن ذلك، وأن لا يمشي في نعل واحدة لحديث: «لا يمشي أحدكم في نعل واحدة ليحفهما أو لينعلهما جميعاً» ([5]).
5- أن لا يلبس المسلم لبسة المسلمة ـ ولا المسلمــة لبسة الرجل لحديث: «لعن الله المخنثين من الرجال، والمترجلات من النساء» ([6]) وحديث: «لعن الله الرجل يلبس لبسة المرأة، والمرأة تلبس لبسة الرجل» ([7]).
6- إذا انتعل بدأ باليمين، وإذا نزع بدأ بالشمال لحديث: «إذا انتعل أحدكم فليبدأ باليمنى وإذا نزع فليبدأ بالشمال» ([8]).
7- أن يبدأ في لبس ثوبه باليمين لحديث: «كان رسول الله – صلى الله عليه وسلم – يحب التيمن في شأنه كله، في نعليه، وترجله وطهوره» ([9]).
8- أن يقول إذا لبس ثوباً جديداً أو عمامة أو أي ملبوس جديد: «اللهم لك الحمد، أنت كسوتنيه، أسألك خيره وخير ما صنع له، وأعوذ بك من شره، وشر ما صنع له» ([10]).


([1]) رواه أبو داود بإسناد حسن .
([2]) رواه البخاري وابن ماجة وأحمد .
([3]) الأحزاب ( 59 ) .
([4]) النور ( 31 ) .
([5]) رواه مسلم .
([6]) رواه البخاري .
([7]) رواه البخاري .
([8]) رواه مسلم .
([9]) رواه مسلم .  
([10]) رواه مسلم .

BACA JUGA:  Cukup Karena Allah Saja...

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button