Uncategorized

Tunjukin Aksimu, Jangan Sekedar “Anti”

.fullpost { display: inline; } Irfan Nugroho
Masih ingatkah Anda pada medio 2009 dimana facebook mulai booming di antara orang Indonesia.

Bangsa yang latah ini pun lantas menggunakan facebook sebagai wahana untuk berbuat kerusakan, mulai perselingkuhan, perdagangan manusia, hingga transaksi prostitusi secara online.

Sebagai respon terhadap fenomena seperti di atas, kalangan ulama Nahdiyin di Jawa Timur kemudian mengeluarkan fatwa “haram” terhadap facebook, yang ditengarai bahwa facebook memang dibuat oleh kaum kafir untuk merusak umat Islam.

Dalam hal ini benarlah apa yang Allah firmankan dalam Surat Al-Baqarah Ayat 120:

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka,” (Al-Baqarah: 120)

Hari ini, 13 Dzulhijjah 1432 H, Radio Dakwah Syariah (RDS FM) dalam acara RDS Pagi mengangkat topik maraknya event-event internasional yang digelar di kota Surakarta, atau lebih dikenal dengan nama Solo.

Memang benar bahwa hampir semua event-event internasional di kota Solo ini tidak berbau Islami dan cenderung sekularis, nasionalis, ataupun tradisionalis.

Dan mayoritas umat Islam yang terlibat dalam acara pagi tersebut berkomentar negatif bahkan mengecam penyelenggaraan event-event tersebut sebagai wujud “ketidakridhaan” orang-orang Yahudi maupun Nasrani terhadap Islam.

Sehingga, stigma yang sering muncul di kalangan para ikhwan ketika ada acara-acara seperti ini menjadi cenderung “anti” dan saya pun tidak menyalahkan ikhwan-ikhwan tersebut.

Alih-alih kita hanya sekedar bersikap anti, kenapa tidak kita galakkan aksi kita?

Dalam membahas Surat Al-Baqarah Ayat 120 tersebut, seorang ustadz yang mengisi kajian lewat RDS FM Solo juga mengutip Ayat Pertama Surat Al-Bayyinah:

Orang-orang kafir Yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,” (Al-Bayyinah: 1).
Alih-alih hanya sekedar bersikap anti terhadap facebook ataupun event-event internasional non-Islami di kota Solo ini, harusnya para aktivis Islam lebih giat berdakwah sebagai upaya counter-balance.

BACA JUGA:  Mengucapkan 'Alaihissalam' untuk Selain Nabi

Ketika orang-orang tradisionalis menyelenggarakan “World Heritage Conference,” lantas mengapa para aktivis dakwah tidak berinisiatif menyelenggarakan “World Islamic Conference”?

Ketika kaum Nasrani gencar menjalankan misi Kristiani lewat facebook, ulama-ulama Nahdiyin Jawa Timur hanya sekedar “memfatwakan haram terhadap facebook,” kenapa tidak berupaya untuk menggalang persatuan umat dan menyeru umat untuk berdakwah lewat facebook?

Ketika para kriminal menggunakan facebook untuk ‘berdagang’ manusia, kenapa tidak kita gunakan facebook untuk ‘berdagang barang-barang Islami’?

Ketika para budayawan Jawa menggelar event-event semisal “Melestarikan Budaya Jawa dan Budaya Bangsa,” kenapa ikhwan-ikhwan kita tidak berinisiatif untuk mengadakan acara bertajuk “Jihad, Budaya Bangsa Yang Terlupakan” (karena memang Jihad sudah ada sejak zaman Sultan Trunojoyo, Pangeran Diponegoro, Tuanku Imam Bonjol, Sultan Baabullah).

Maka, kenapa kita hanya sekedar bersikap “anti” terhadap upaya-upaya jahat orang-orang kafir? Tunjukin “Aksi” Loe! (13 Dzulqa’dah 1432 H).

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button