Uncategorized

Engkau Sudah Tua, Nek…

Irfan Nugroho
Dalam beberapa kesempatan, saya sering meluangkan waktu di antarai senin-jumat untuk menyaksikan program “Orang Pinggiran” yang diudarakan oleh salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.

Menonton acara tersebut ternyata mampu membuat saya bersyukur karena penghidupan saya ternyata jauh lebih ‘nikmat’ daripada mereka yang ditayangkan di program tersebut.

Namun, pernahkah terbesit dibenak kita pertanyaan, “Bagaimanakah kondisi ke-Islaman orang-orang tersebut?”

Yang saya khawatirkan adalah ketika orang-orang tersebut ‘dicitrakan’ sebagai pekerja keras yang bertanggung-jawab pada keluarganya, namun di sisi lain, mereka lupa pada tujuan hidup mereka untuk beribadah kepada Allah.

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku” (Adz-Dzariyat: 56).

Hari ini saya menemui seorang nenek yang tangan kirinya harus diperban lantaran patah pada empat bagian namun sang nenek masih ngotot untuk pergi ke sawah mencabut rumput yang tumbuh di sekitar tanaman padi miliknya.

“Nek, kok masih pergi ke sawah juga di hari Iedul Fitri seperti ini?” tanyaku.

“Nanti makan apa kalau tanaman padi ini ga dirawat. Nak?” jawabnya.

Dan teringatlah saya akan nasihat Rasulullah, “Dan barangsiapa yang menjadikan dunia sebagai obsesinya, maka Allah akan menjadikan bayang-bayang kefakiran di pelupuk matanya,” (HR Tirmidzi).

Tepat sekali bukan nasihat Rasulullah di atas? Bahkan di hari raya pun, sang nenek tersebut yang tangan kirinya belum sembuh dari patah tulang masih nekat pergi ke sawah lantaran takut kelaparan.

Saya pun bertemu anak dari nenek tersebut dan baru aku tahu darinya bahwa sang nenek ternyata juga sangat jarang melaksanakan shalat.

Maka bisa dibayangkan suatu kondisi dimana seorang tua renta yang hidup dalam kemiskinan dan bekerja keras mencari dunia ternyata juga lupa terhadap “Kewajiban Asasi-nya” untuk beribadah kepada Allah.

Kondisi inilah yang digambarkan oleh Allah ta’ala dalam Surat Al-Ghasiyah ayat ketiga dan keempat:

BACA JUGA:  Mengapa Bilal bin Rabbah Hijrah ke Suriah?

Mereka bekerja keras lagi kepayahan (untuk dirinya sendiri, keluarganya, dan ambisinya untuk kehidupan di dunia ini – Tafsir Fii Dhilalil Quran), (Dan pada akhirnya mereka) dimasukkan ke dalam api yang sangat panas (neraka),” (Al-Ghasiyah: 3-4).

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kemiskinan. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tiada Illah yang berhak disembah selain Engkau ya Allah,” (Dibaca Tiga Kali Setiap Selesai Shalat Subuh dan Shalat Ashar). (HR Abu Daud, Ahmad, Nasa’I, & Bukhari). (1 September 2011/2 Syawal 1432 H)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button