Fiqih

Fikih Dorar Saniyah: Salat Istikharah – Hukum, Dalil, dan Cara

Pembaca rahimakumullah, kita akan belajar tentang salat istikharah dari Ensiklopedia Fikih Dorar Saniyah. Apa arti istikharah? Apa hukum salat istikharah? Waktu pelaksanaan salat istikharah? Dan kapan doa salat istikharah? Teruskan membaca!

تعريفُ الاستخارةِ

ARTI ISTIKHARAH

الاستخارةُ لُغةً

Arti istikharah secara bahasa adalah:

طلَبُ الخِيرةِ في الشيءِ، وهو استفعالٌ منه؛ يُقال: استخِرِ اللهَ يَخِرْ لك

Meminta kebaikan dalam sesuatu, yaitu meminta manfaat atau kebaikan dari sesuatu tersebut. Apabila dikatakan, “Istakhirillah, yakhir laka,” itu artinya, “Mintalah petunjuk kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan pilihan yang terbaik kepadamu.”

الاستخارة شرعًا

Arti istikharah secara istilah syar’i adalah:

طلَبُ صرفِ الهِمَّةِ لِمَا هو المختارُ عندَ اللهِ والأَوْلى، بالصَّلاة، والدُّعاءِ الواردِ في الاستخارةِ

Meminta agar pikiran diarahkan kepada sesuatu yang lebih baik berdasarkan pilihan Allah, melalui salat dan doa yang diriwayatkan tentang istikharah.

حُكمُ صلاةِ الاستخارةِ

HUKUM SALAT ISTIKHARAH

Tertulis di dalam Ensiklopedia Fikih Dorar Saniyah tentang hukum salat istikharah:

صلاةُ الاستخارةِ سُنَّةٌ، وهذا باتفاق المذاهب الفقهية الأربعة: الحنفية، والمالكية، والشافعية، والحنابلة

Salat istikharah hukumnya sunah, dan ini adalah kesepakatan mazhab fikih yang empat, yaitu Hanafiah (Al-Bahru Ar-Raaiq li Ibni Najim: 2/55), Malikiyah (Mawahibul Jalil lil Hatab: 2/8), Syafiiah (Al-Majmu lin Nawawi: 4/54), dan Hanabilah (Al-Furu’ li Ibni Muflih: 2/403).

أداءُ صلاةِ الاستخارةِ في أوقاتِ النَّهي

ISTIKHARAH DI WAKTU TERLARANG SALAT?

Bolehkah melakukan salat istikharah di waktu terlarang salat? Tentang hal ini tertulis di dalam Ensiklopedia Fikih Dorar Saniyah:

لا تُصلَّى صلاةُ الاستخارةِ في أوقاتِ النَّهي، وهذا باتِّفاقِ المذاهبِ الفقهيَّة الأربعة: الحَنَفيَّة، والمالِكيَّة، والشافعيَّة، والحَنابِلَة

Tidak boleh melakukan salat istikharah di waktu-waktu yang terlarang untuk salat, dan ini adalah kesepakatan mazhab fikih yang empat, yaitu Hanafiyah (Al-Binayah lil Aini: 2/60), Malikiah (Mawahibul Jalil lil Hatabi: 2/58), Syafiiah (Al-Majmu lin Nawawi: 4/170), dan Hanabilah (Kasyaful Qina lil Bahuti: 1/453).

وقتُ الدعاءِ في صلاةِ الاستخارةِ

WAKTU DOA DI DALAM SALAT ISTIKHARAH

Kapan membaca doa ketika salat istikharah? Tertulis di dalam Ensiklopedia Fikih Dorar Saniyah tentang hal ini:

الدُّعاءُ في صلاةِ الاستخارةِ يكونُ عقِبَ السَّلامِ، وهذا مذهبُ الجمهور: المالِكيَّة، والشافعيَّة، والحَنابِلَة، وحُكي الإجماعُ على ذلك

Doa di dalam salat istikharah dilakukan setelah salam, dan ini adalah pendapat jumhur, di antaranya Malikiah, Syafiiah, Hanabilah, dan bahkan ada yang menyebutnya ijma.

تَكرارُ صلاةِ الاستخارةِ

MENGULANG SALAT ISTIKHARAH

Bolehkah mengulang salat istikharah sampai beberapa kali? Tertulis di dalam Ensiklopedia Hadis Dorar Saniyah tentang hal ini:

إذا لم يتبيَّنْ للمستخيرِ أمرٌ يختارُه، فله تَكرارُ الاستخارةِ، وهذا مذهبُ الجمهور: الحَنَفيَّة، والمالِكيَّة، والشافعيَّة

Jika orang yang melakukan salat istikharah belum mantap dalam pilihannya, dia boleh mengulang salat istikharahnya. Dan ini adalah pendapat jumhur, di antaranya Hanafiah, Malikiah, dan Syafiiah.

BACA JUGA:  Faidah Hadis Orang Sakit Salat sambil Duduk atau Berbaring

Karangasem, 29 April 2024

Irfan Nugroho (Pengajar di PPTQ At-Taqwa Nguter dan Pesantren RQ Irmas Bani Saimo Bulu)

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button