Urgensi Studi Islam di Bidang Aqidah



Pertanyaan:
Ada yang bilang bahwa banyak orang Islam yang jadi kafir, meskipun mereka mengucapkan dua kalimat syahadat, hanya karena mereka melakukan beberapa amalan yang bisa mengakibatkan kekufuran, padahal mereka tidak sadar atau tidak tahu akan hal itu. Mohon penjelasannya.

Jawaban oleh Fatwa Center Asy-Syabakah Al-Islamiyah Qatar, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqitti
Segala puji hanya milik Allah, Rab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Ilah yang hak (benar) untuk diibadahi selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Orang berilmu harus menumbuhkan kesadaran di tengah masyarakat tentang urgensi studi Islam di bidang aqidah. Yang demikian itu agar orang-orang tidak melakukan tindakan atau amalan yang bisa berujung pada kekufuran. Sebagai orang muslim, kita harus giat mempelajari hal ini.

Juga, hendaknya kita membiasakan diri dengan membaca doa:

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَ بِك وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ

Allaahumma Innii A'udzu bika an Usyrika bika wa Anaa A'lamuhuu wa Astaghfiruka Limaa Laa A'lamuhu

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap kesyirikan yang tidak aku ketahui." (HR Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Rasulullah pernah bersabda kepada Abu Bakar Radhiyallahuanhu bahwa seseorang bisa saja terjatuh ke dalam kesyirikan tanpa sadar. Itulah mengapa beliau menasihati Abu Bakar Radhiyallahuanhu untuk mengucapkan doa tersebut.

Wallahu’alam bish shawwab.

Fatwa No: 30988
Tanggal: 22 Safar 1432 (27 Januari 2011)
Sumber: IslamWeb.Net
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)