Penentuan Hari Raya di Luar Arab Saudi



Pertanyaan:
Saya dari Pakistan. Masyarakat di sini biasanya menyelenggarakan Hari Raya satu hari setelah Arab Saudi. Sekarang saya dihadapkan pada suatu masalah tentang Puasa Hari Arafah, apakah kami puasa di tanggal sembilan Zulhijah seperti yang diyakini oleh para ulama di Pakistan, atau pada hari di mana jemaah haji berkumpul di tempat yang bernama Arafah, seperti yang diyakini oleh beberapa ulama yang belajar di Saudi?

Jawaban oleh Fatwa Center Asy-Syabakah Al-Islamiyah, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqitti

Segala puji hanya milik Allah, Rab semesta alam. Semoga selawat dan salam ke atas Nabi Muhammad , kepada keluarganya dan para sahabatnya.

Apa yang dikatakan oleh para ulama di Pakistan tersebut adalah pendapat yang benar dan tepat. Pada kenyataannya, Puasa Hari Arafah tidak dikaitkan dengan tempat, tetapi ia dikaitkan dengan waktu.

Jadi jika sudah terbukti di tempat Anda bahwa Hari Arafah-nya sudah ditentukan, maka Anda hendaknya berpuasa di hari itu. Seharusnya hal ini tidak menjadi perbedaan di kalangan masyarakat yang tinggal di satu negara.

Kami berdoa kepada Allah yang Maha Kuasa untuk menunjuki seluruh umat Islam ke jalan yang lurus dan menyatukan mereka.

Wallahu’alam.

Fatwa No: 86990
Tanggal: 26 Zulhijah 1424 (17 Februari 2004)
Sumber: IslamWeb.Net
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Quran At-Taqwa Sukoharjo)
niat puasa arafah dan tarwiyah, baca niat puasa tarwiyah dan arafah, apa makna puasa arafah, fiqih puasa arafah, puasa arafah rumaysho, perbedaan puasa arafah dan tarwiyah, bahasa arab puasa arafah, pengertian puasa arafah, syarat sah puasa arafah, cara mengerjakan puasa arafah