Bagaimana Minta Maaf ke Orang yang Kita tidak Tahu Di Mana Dia Sekarang?



Pertanyaan:
Bila telah terjadi perselisihan antara saya dengan saudara muslim, sedang saya ingin memperbaiki dan memohon maaf kepadanya, tetapi saya tidak tahu tempat tinggalnya dan juga no teleponnya. Apakah amal-amal saya akan diangkat/sampai kepada Allah? Jika amal tersebut tidak bisa sampai kepada Allah, maka apa solusinya?

Jawaban oleh tim Fatwa Center IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqitti

Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Ilah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Bila Anda telah berselisih dengan seseorang seperti yang telah Anda sebutkan, lalu Anda tidak lagi bertemu dengannya setelah itu, maka Anda tidak harus mencari dan menghubunginya, karena dalam hal ini tidaklah termasuk menghajr/mendiamkannya.

Jika Anda bertemu dengannya maka cukuplah Anda mengucap salam kepadanya, karena dengan begitu telah hilanglah perselisihan di antara kalian berdua.

Anda tidaklah berdosa atas orang ini, dan tidak ada penghalang yang menghalangi diangkatnya amal saleh Anda kepada Allah disebabkan perselisihan Anda dengan orang tersebut.

Wallahu'alam bish shawwab

Fatwa No: 344572
Tanggal: 18 Rabiul Awal 1438 (16 Januari 2017)
Sumber: [IslamWeb.net fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=344572]
Penerjemah: Ummu Asykar (Staf Pengajar di MI Plus At-Taqwa Nguter, Sukoharjo)

0 komentar:

Post a Comment