Puncak Agama Islam adalah Jihad



Pertanyaan:
Halo, saya punya satu pertanyaan yang sulit untuk dijawab menurut saya. Apa puncak agama Islam? Kapan seseorang meraih puncak agama Islam? Dan orang itu dijuluki apa? Terima kasih banyak.

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti

Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Jawaban untuk bagian pertama dari pertanyaan Anda telah disebutkan di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmizi dan lainnya, di mana Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya:

أَلَا أُخْبِرُكَ بِرَأْسِ الْأَمْرِ كُلِّهِ وَعَمُودِهِ وَذِرْوَةِ سَنَامِهِ

"Maukah kalian aku beri tahu tentang pondasi, tiang, dan puncak agama ini?"

Lalu para sahabat menjawab, "Iya, wahai Rasulullah. "

Kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjawab:

رَأْسُ الْأَمْرِ الْإِسْلَامُ وَعَمُودُهُ الصَّلَاةُ وَذِرْوَةُ سَنَامِهِ الْجِهَادُ

"Pondasi agama ini adalah Islam, tiangnya adalah salat, dan puncaknya adalah jihad," [HR Tirmizi & Ibnu Majah. Tirmizi: Hasan Sahih].

Ibnu Rajab Rahimahullah berkata di dalam Jamiul Ulum wal Hikam:

"Tentang puncaknya, yaitu bagian tertingginya, maka itu adalah jihad. Hal ini menunjukkan bahwa Jihad adalah amalan terbaik setelah amalan wajib, sebagaimana pendapat Imam Ahmad dan ulama lainnya."

Tentang bagian kedua dari pertanyaan Anda, tidak jelas bagi kami tentang apa yang Anda maksud. Kalau Anda bertanya apakah ada semacam gelar bagi seseorang yang religius, atau gelar tertinggi di dalam agama ini, sebagaimana yang biasa ada di gereja-gereja yang memberi gelar Pendeta atau Bishop, dan yang sejenisnya, maka tidak ada yang semacam itu di dalam agama Islam.

Kalau yang Anda maksud bukan yang ini, mohon klarifikasi dengan kami.

Wallahualam bish shawwab.

Fatwa No: 334810
Tanggal: 30 Muharam 1438 (31 Oktober 2016)
Sumber: IslamWeb.Net.

0 komentar:

Post a Comment