Uncategorized

Ajak Manusia agar Masuk Islam

Oleh Syekh Shalahudin Yusuf Al-Pakistani
Dari Sahal bin Sa’ad Radhiyallahuanhu yang mengatakan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata kepada Ali Radhiyallahuanhu:
وَاللَّهِ لَأَنْ يُهْدَى بِكَ رَجُلٌ وَاحِدٌ خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ
“Demi Allah, kalau ada satu orang saja yang mendapat hidayah dari Allah lewat dirimu, maka hal itu lebih baik untuk dirimu ketimbang unta merah dalam jumlah yang banyak,” [HR Bukhari, Muslim, Ahmad].
Penjelasan:
“maka hal itu lebih baik untuk dirimu ketimbang unta merah dalam jumlah yang banyak,” adalah permisalan untuk apa saja yang lebih bagus daripada semua benda di dunia.
Unta merah adalah barang yang sangat mahal di dalam budaya Arab jaman dahulu, dan penyebutan unta merah di sini menunjukkan betapa berharganya nilai suatu hidayah.
Jadi, hadis ini menunjukkan tentang pentingnya menyeru manusia kepada Allah. Hanya saja, sebelum menyeru orang lain ke jalan Allah, hendaknya si penyeru itu tadi memiliki pengetahuan tentang apa yang akan dia serukan.
Nah, untuk mencapai tujuan itu, memiliki pengetahuan tentang Al-Quran dan Hadis adalah perkara yang penting, karena dia tidak dapat memberi hujjah (argumen) menuju hidayah tanpa memiliki ilmu.
Sumber: Riyadhus Shalihin

BACA JUGA:  Suami yang sedang Ihram Berkata-kata Mesra dengan Istri

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button