Khutbah Jumat Agustus 2016: Seruan Menunaikan Zakat


إن الحمد لله  نحمده و نستعينه و نستغفره و نعوذ بالله من شرور أنفسنا و سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له و من يضلله فلا هادي له

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له و أشهد أن محمدا عبده و رسوله.

يأيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته و لا تموتن إلا و أنتم مسلمون.

يأيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة و خلق منها زوجها و بث منهما رجالا كثيرا و نساء و اتقوا الله الذي تساءلون به و الأرحام إن الله كان عليكم رقيبا.

يأيها الذين آمنوا اتقوا الله و قولوا قولا سديدا يصلح لكم أعمالكم و يغفر لكم ذنوبكم و من يطع الله و رسوله فقد فاز فوزا عظيما.

ألا فإن أصدق الحديث كتاب الله و خير الهدي هدي محمد صلى الله عليه و سلم و شر الأمور محدثاتها و كل محدثة بدعة و كل بدعة ضلالة  و كل ضلالة في النار.

اللهم فصل و سلم على هذا النبي الكريم و على آله و أصحابه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين. أما بعد.

Ada satu rukun di dalam rukun Islam yang lima itu, yang banyak dilalaikan oleh sebagian besar kaum Muslimin. Selain karena kecenderungan manusia yang mencintai harta dan dunia, rukun yang satu ini banyak dilalaikan karena maraknya kesalahan dalam memahami arti dari rukun tersebut.

Di tengah masyarakat awam kaum Muslimin, kata zakat sering dipahami hanya sebagai zakat fitrah. Padahal, yang dimaksud zakat di dalam rukun Islam bukanlah semata zakat fitrah saja; di sana ada zakat pertanian, di sana ada zakat peternakan, di sana ada zakat perdagangan, dan juga zakat uang, emas atau perak. Dari keempat harta tersebut, ada kewajiban untuk dizakati apabila sudah mencapai nishab atau batas minimal, dan telah disimpan selama satu tahun kalender hijriah, kecuali zakat pertanian yang tidak perlu menunggu satu tahun kalender hijriah.

Besarnya kadar zakat, sering dipahami hanya sebesar 2,5 kilogram beras, atau 3 kilogram beras, atau sejumlah uang yang setara dengan jumlah tersebut, yang dibayarkan hanya satu kali dalam setahun di penghujung bulan Ramadan.

Jumlah ini terlalu sedikit untuk mereka yang punya kelebihan harta tetapi tidak membayar zakat harta di luar bulan Ramadan, juga terlalu ringan bagi para petani yang mendapat hasil panen berton-ton tetapi tidak membayar zakat pertanian di luar bulan Ramadan.

Jamaah sidang jumat yang semoga dirahmati Allah…

Membayar zakat, baik itu zakat pertanian, zakat harta, zakat peternakan, dan zakat perdagangan, adalah satu dari sekian tanda keimanan, dan juga sebab untuk mendapatkan rahmat Allah.

وَٱلۡمُؤۡمِنُونَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتُ بَعۡضُهُمۡ أَوۡلِيَآءُ بَعۡضٖۚ يَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤۡتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَيُطِيعُونَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓۚ أُوْلَٰٓئِكَ سَيَرۡحَمُهُمُ ٱللَّهُۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٞ ٧١
“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma´ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,(QS At-Taubah: 71).

Sidang jamaah jumat Rahimatulullah…

Zakat itu bukan perkara sepele. Zakat adalah perkara yang sangat penting di dalam Islam. Saking pentingnya perintah zakat, perintah ini sering disebutkan sejajar dengan perintah salat. Ada 82 ayat di dalam Al-Quran yang menyebutkan perintah salat dan perintah zakat secara sejajar berdampingan.

وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَۚ  ١١٠

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat,” (QS Al-Baqarah: 110).

Itulah kenapa sahabat mulia Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiyallahu'anhu berkata:

“Demi Allah, akan aku perangi setiap orang yang memisahkan antara salat dengan zakat.”

Sebagaimana salat adalah pembeda antara keimanan dan kekafiran, pun demikian dengan zakat. Para ulama sudah sepakat bahwa mengingkari kewajiban salat adalah kekafiran, dan para ulama pun sudah sepakat bahwa mengingkari kewajiban membayar zakat, meyakini bahwa zakat pertanian, zakat harta, zakat perdagangan dan zakat peternakan tidaklah wajib, maka hal tersebut adalah suatu kekafiran, (Shahih Fiqih Sunnah: 3/9).

Seorang ulama pernah berkata,

“Sujud dan rukuk adalah dua dari sekian rukunnya salat; sedangkan salat dan zakat adalah dua dari lima rukunnya Islam. Tidak disebut salat, orang yang tidak melakukan sujud dan rukuk, dan tidak disebut Muslim orang yang tidak salat dan tidak membayar zakat.

Jamaah salat jumat yang semoga dirahmati Allah…

Zakat adalah perkara yang sangat penting. Saking pentingnya perintah zakat, sampai-sampai Allah sendiri yang menentukan kepada siapa zakat fitrah dan zakat selain zakat fitrah itu diberikan.

۞إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلۡفُقَرَآءِ وَٱلۡمَسَٰكِينِ وَٱلۡعَٰمِلِينَ عَلَيۡهَا وَٱلۡمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمۡ وَفِي ٱلرِّقَابِ وَٱلۡغَٰرِمِينَ وَفِي سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبۡنِ ٱلسَّبِيلِۖ فَرِيضَةٗ مِّنَ ٱللَّهِۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٞ ٦٠

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu´allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,” (QS At-Taubah: 60).

وَٱلۡعَصۡرِ ١  إِنَّ ٱلۡإِنسَٰنَ لَفِي خُسۡرٍ ٢  إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلۡحَقِّ وَتَوَاصَوۡاْ بِٱلصَّبۡرِ ٣

Khutbah Kedua
Jamaah Salat Jumat, Rahimatulullah...

Alhamdulillah… Di Bulan Syawal 1437 Hijriah ini, Allah mengizinkan kita, petani di Desa Karangasem untuk menikmati panen besar-besaran. Maka dari itu, saya menyeru kepada diri pribadi saya sendiri dan jamaah semuanya, untuk menghitung hasil panen kita.

Apabila di musim panen ini kita membawa pulang minimal 647 kilogram gabah (Shahih Fiqih Sunnah: 3/55), ada kewajiban bagi kita untuk mengeluarkan 5% dari total hasil panen sawah irigasi, atau 10% dari total hasil panen sawah tadah hujan.

Ada pun yang bukan petani, ada kewajiban zakat harta untuk siapa saja yang memiliki harta senilai 85 gram emas, atau 595 gram perak. Silakan memilih mau pakai yang mana.

Kalau memilih timbangan perak, maka siapa saja yang dalam setahun kalender hijriah ini memiliki uang simpanan sebesar minimal Rp4.9 juta (per 22 Juli 2016; Perak/Gr: Rp8.309), maka wajib baginya mengeluarkan zakat harta sebesar 2,5 persen dari total uang simpanannya itu.

Kalau memilih nishab emas, maka siapa saja yang dalam setahun kalender hijriah ini memiliki uang simpanan sebesar minimal Rp 47 juta (per 22 Juli 2016; Emas/gr: Rp558.967), maka wajib baginya mengeluarkan zakat harta sebesar 2,5 persen dari total uang simpanannya itu.

Dan tidak ada zakat harta untuk siapa saja yang tidak memiliki uang simpanan di bawah jumlah tersebut.

Ada pun yang peternak, tidak ada zakat peternakan untuk kambing yang jumlahnya kurang dari 39 ekor, dan tidak ada zakat peternakan untuk sapi yang jumlah kurang dari 29 ekor.

Tentang zakat perdagangan, maka siapa saja yang memiliki barang dagangan senilai 85 gram emas (Rp47 juta), maka wajib baginya mengeluarkan zakat sebesar 2,5 persen dari harga total barang dagangannya itu.


أيها المسلمون فقال عز من قائل إن الله و ملائكته يصلون على النبي يأيها الذين آمنوا صلوا عليه و سلموا تسليما. اللهم صل و سلم على نبينا محمد و عل آله و صحابته و من اهتدى بهديه و استن بسنته إلى يوم الدين. ثم اللهم ارض عن الخلفاء الراشدين المهديين أبي بكر و عمر و عثمان و علي و على بقية الصحابة و التابعين و تابع التابعين و علينا معهم برحمتك ي أرحم الرحمين.

اللهم اغفر للمسلمين و المسلمات و المؤمين و المؤمنات الأحياء منهم و الأموات.
اللهم أعز الإسلام و المسلمين و أهلك الكفرة و المشركين و دمر أعداءك أعداء الدين
اللهم أعنا على ذكرك و شكرك و حسن عبادتك
اللهم إنا نسألك الهدى و التقى و العفاف و الغنى و حسن الخاتمة
اللهم اغفر لنا و اوالدينا و ارحمهم كما ربونا صغارا
ربنا هب لنا من أزواجنا و ذرياتنا قرة أعين و احعلنا للمتقين إماما
ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا و هب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب
ربنا آتنا في الدنيا حسنة و في الآخرة حسنة و قنا عذاب النار


عباد الله إن الله يأمركم بالعدل و الإحسان و إيتاء ذى القربى و ينهى عن الفحشاء و المنكر و البغي يعظكم لعلكم تذكرون فاذكروا الله العظيم يذكركم و اسألوه من فضله يعطكم و لذكر الله أكبر و الله يعلم ما تصنعون.

0 komentar:

Post a Comment