Fiqih

Hukum Kurban dengan Utang

Pertanyaan: Bismillah.. Assalamu’alaikum.. Saya meminjam uang dari seseorang dan saya ingin berkurban pada Idul Adha tahun ini (2009). Pertanyaannya adalah apakah kurban saya diterima sesuai syariat, karena saya punya utang kepada orang tersebut. Karena ada orang yang bilang bahwa orang yang memiliki hutang tidak wajib untuk berkurban.

Jawaban oleh Tim Fatwa Asy-Syabakah Al-Islamiyah, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.
Udhiyah (kurban) di hari raya Idul Adha adalah sunah muakadah dan bukan kewajiban menurut pendapat mayoritas ulama. Bahkan di kalangan yang berpendapat atas wajibnya udhiyah bagi orang yang mampu, mereka juga berpendapat bahwa kurban tidaklah wajib bagi orang yang tidak mampu.
Oleh karena itu, Anda tidak wajib berhutang untuk berkurban. Akan tetapi, kalau Anda meminjam uang untuk berkurban, maka hal itu adalah sah dan mencukupi. Dan kami memohon kepada Allah untuk menerima amal ibadah Anda dan kita semua.
Syekhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah ditanya tentang seseorang yang tidak mampu melaksanakan udhiyah (kurban), apakah orang itu harus mencari pinjaman (hutang), maka beliau menjawab:
“Kalau orang itu mampu membayar hutangnya dan dia meminjam uang untuk berkurban, maka hal itu baik, tetapi pada dasarnya dia tidak wajib untuk berkurban.”
Selain itu, Syekh Ibnu Utsaimin pernah ditanya, “Bolehkah orang miskin melakukan kurban dengan uang pinjaman?”
Beliau menjawab:
“Ada beberapa perincian tentang hal ini: 
1) “Orang miskin yang tidak punya uang ketika Idul Adha tiba, tetapi dia punya harapan akan memiliki uang, persis seperti orang yang mendapat gaji bulanan, tetapi ketika Idul Adha tidak punya uang di tangan ketika Idul Adha. Dia lalu mencari pinjaman dan akan melunasi hutangnya ketika dia sudah menerima gaji. Maka kami katakan bahwa orang yang seperti ini boleh-boleh saja melakukan kurban dengan uang hutang dan akan melunasinya (kalau sudah gajian).”
2) “Kalau orang itu tidak punya uang untuk melunasi hutangnya dalam waktu dekat, maka kami katakan kepadanya bahwa tidak disukai baginya untuk berhutang agar bisa berkurban karena itu artinya dia itu punya tanggungan hutang dan orang-orang menilainya sebagai keutamaan bagi dirinya sendiri, padahal dia tidak tahu apakah dia mampu membayar hutangnya atau tidak.”
Tentu saja, ini kalau yang Anda maksud adalah Anda mencari pinjaman agar bisa melakukan udhiyah.
Tetapi kalau yang Anda maksud ternyata Anda sudah punya hutang dan Anda bertanya apakah boleh Anda melakukan kurban sebelum membayar hutang tersebut, maka jawabannya adalah, “Membayar hutang adalah wajib kalau sudah tiba waktunya, sedangkan kurban hanyalah sunah sebagaimana kami jelaskan sebelumnya dan tidak boleh baginya melalaikan hal-hal yang wajib untuk melaksanakan amalan sunah.
Oleh karena itu, wajib untuk mengurus hutang tersebut, dan tidak boleh memberikan prioritas pada ibadah udhiyah (kurban) di atas membayar hutang, kecuali kalau orang yang memberi Anda hutang itu tadi memberikan izin atau kalau waktu pelunasan hutangnya belumlah tiba.
Wallahualam bish shawwab.
Fatwa: 160962
Tanggal: 12 Oktober 2010
Sumber: Asy-Syabakah Al-Islamiyah
Penerjemah: Irfan Nugroho (Staf Pengajar di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an At-Taqwa Sukoharjo)

BACA JUGA:  Niat atau Tujuan Olahraga (Balap Kuda, Balap Unta, dan Memanah) dalam Islam

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Tema Terkait

3 Comments

  1. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkanbantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuanganmasalah jika Anda memiliki berantakan keuangan dan Anda perlu dana untukmemulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayartagihan, memulai bisnis yang bagus, atau Anda merasa sulitmendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui emailjessicawilliamsloanfirm@gmail.com

  2. Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda di stres keuangan atau tidakdana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda sendiri? Butuh Pinjaman melikuidasi merekautang dan membayar tagihan Anda? Apakah Anda memiliki Skor kredit yang rendah dan merasasulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan keuangan lainnyalembaga? Butuh alasan pinjaman atau pembiayaan, seperti: Jika ya hubungi kamidengan info di bawah ini melalui E-mail: joycekelvinloancompany@gmail.comPEMINJAM “INFORMASI SNama Lengkap: __________________________________________Negara: _____________________________________________Negara: ______________________________________________Alamat rumah: _______________________________________Tanggal lahir: _________________________________________Sex: _________________________________________________Pekerjaan: ___________________________________________Pendapatan bulanan: _______________________________________Status perkawinan: ________________________________________Nomor Telepon yang valid: __________________________________Jumlah Dibutuhkan: ______________________________________Pinjaman Durasi: ________________________________________Terima kasih karena kami menunggu balasan Anda cepat.Salam,

  3. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar hutang Anda?Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,Pinjaman untuk membayar tagihan,Kami di sini untuk memberikan pinjaman dengan jumlah berapa pun, hubungi kami melalui alamat perusahaan:Trustfundloanfirm2020@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button