(MP3 Ceramah/Kajian) Nasihat untuk Pengaku Salafi tetapi Liar Lisannya


Oleh Ust Oemar Mita, Lc. MA
Kebeningan hati serta kemulian akhlak selalu menjadi permata kehidupan setiap hamba-hamba yang beriman,karena ia merubah sesuatu yang buruk menjadi baik dan mengganti yang hitam menjadi putih laksana pakaian yang menjadi perhiasan, maka bening hati plus akhlaq mulia layaknya mutiara yang menjadikan sesuatu barang yang biasa kilap bercahaya.

Perhatikanlah sebuah kisah yg dituangkan oleh ibnu jauzi dalam kitab "Al Mawaidz wal Majaalis" ketika beliau menyampaikan bahwa seorng pencuri masuk kerumah Malik Bin Dinar yg sedang melaksanakan sholat tahajud.

Maka Malik bin Dinar meringkas sholatnya ketika ada tamu tak diundang kerumahnya,maka ia pun berkata ke pencuri tersebut "wahai saudaraku, semoga Alloh mengampunimu karena telah masuk ke rumah, tetapi engkau tidak mendapatkan apa2, maka kemarilah supaya engkau tidak keluar rumah tanpa membawa faidah."

Maka malik bin dinar berkata "Sholat-lah krena dg sholat dua rekaat kamu akan mndapatkan apa yg lebih dari dunia dan seisinya."

Maka ketika pencuri itu telah menyempurnakan sholat,ia pun berkata kepda Malik bin Dinar "Bolehkah aku menambah sholat wahai tuanku?"

Dan Malik bin Dinar berbinar dan menjawab "Sholat-lah sebanyak yg ditaqdirkan Alloh kepada-mu."

Maka pencuri itu pun sholat hingga subuh menjelang,maka Malik berkata " sekrang pulang-lah dalam keadaan yang berbahagia".

Tapi pencuri tersebut justru berkata " wahai tuanku bolehkah aku disini bersamamu hingga pagi,karena aku berniat untuk puasa hari ini".

Dan Malik bin Dinar menjawab "dengan senang hati, selama engkau mau tinggallah bersamaku."

Maka ia pun tinggal beberapa hari bersama imam malik hingga ia menghiasi harinya dengan sholat dan dzikir dan akhirnya bertekad untuk bertaubah setelah pertemuanya dg malik bin dinar.

Setelah ia pulang maka ia bertemu dengan kawanya yang juga berprofesi seorang pencuri,hingga ia berkata "aku akan mencuri dirumah malik bin dinar akan tetapi ia telah mencuri hatiku hingga aku bertaubah kepada-Nya".

Tak pelak kisah berurat nyata dalam kehidupan diatas menunjukkan betapa dahsyatnya kekuatan akhlaq hingga merubah seorang manusia nista menuju mulia ketika bertemu dengan hamba yg berbalut dengan akhlaq.

Sebagaima beningnya hati pencuri yang bisa merespon akhlaq Malik bin Malik serta mampu merubah dosa menuju taubah.

Jadilah orng yang berilmu yg penuh dengan akhlaq serta jadilah hamba yang bening hatinya merespon setiap kebaikan saudaranya.

Download selengkapnya tausiyah singkat beliau di tautan berikut:

[DROPBOX]

0 komentar:

Post a Comment