Kalau Semua Urusan Hidup Dimudahkan, Dari Mana Pahala Sabar?

Oleh Ust Oemar Mita
Warna kehidupan tak selalu cerah dan menyenangkan, kadang ia berwarna kesulitan, yang berganti dengan perpisahan dengan yang dicintai, serta kesakitan dan kesulitan yang sangat panjang seakan tiada bertepi.

Tetapi itulah dunia. Ia diciptakan untuk menjadi pangggung kesabaran bagi para pelakon kehidupan ketika menjalaninya, bahkan keimanan selayak magnet yang menarik partikel - partikel ujian menempel lama dan lama.

Rasul pun diuji oleh Allah dengan ujian yang berat lagi sulit, bukan hanya dengan ujian di kancah dakwah, tetapi sedari sakit sampai sakaratul maut pun dijadikan oleh Allah dua kali lipat sakitnya dari manusia lainya. Padahal, beliau adalah manusia mulia yang sangat dikasihi Allah (Syarah Riyadhus Salihin, karya Syaikh Utsaimin, Juz 4)

Maka bersabarlah dalam hidup.....
Karena Allah memberimu ujian hari ini di dunia supaya engkau maksimal mereguk kenikmatan di kampung akhirat, sebagaimana Rasul dijadikan ujianya berat supaya Allah menggandakan kenikmatan buat beliau di Surga kelak.

Maka bersabarlah
Karena kalaulah kita tahu bahwa kesabaran akan terwujud menjadi kemuliaan di akhirat, pastilah kelak di akhirat nanti kita akan minta hidup kembali supaya diuji dan diuji.

يَوَدُّ أَهْلُ الْعَافِيَةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَّ جُلُودَهُمْ قُرِضَتْ بِالْمَقَارِيضِ مِمَّا يَرَوْنَ مِنْ ثَوَابِ أَهْلِ الْبَلاَءِ.

__”Manusia pada hari kiamat menginginkan kulitnya dipotong-potong dengan gunting ketika di dunia, karena mereka melihat betapa besarnya pahala orang-orang yang tertimpa cobaan di dunia."_ (HR. Baihaqi: 6791. Al-Albani: Sahih dalam ash-Shohihah: 2206).

Maka bersabarlah
Karena ujian bagi hamba yang beriman semakin banyak, sebanyak iman yang mengendap di hatinya, tapi ingat.... Pertolongan Alloh lebih besar dari ujian yang diberikan, yaitu pertolongan sabar

Maka bersabarlah
Karena sesungguhnya setiap pahala telah dijelaskan oleh Allah pahalanya kecuali pahala kesabaran yang tidak dijelaskan karena besarnya pahala yang bersabar

نَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

"Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas," [Az-Zumar : 10]

Maka bersabarlah wahai jiwa. Kalaulah semua perkara hidup dimudahkan untukmu, maka dari mana engkau akan memperoleh pahala kesabaran?

Sumber: Telegram.me/Oemita_Syameela

0 komentar:

Post a Comment