Cendana Laut untuk Menyembuhkan Disfungsi Ereksi


Pertanyaan:
Saya pernah mendengar bahwa Al-Qust adalah obat terbaik untuk menyembuhkan disfungsi ereksi. Dan jika dicampur dengan Habbatus Sauda (Jintan Hitam) maka khasiatnya akan lebih baik. Pertanyaan saya, apa itu Al-Qust? Dan bagaimana menurut Islam?

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqitti
Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Jika yang Anda maksud sebagai Al-Qust adalah Al-Qust Al-Bahri atau cendana laut (kadang diterjemahkan Gaharu Laut atau Bahar Laut karena berasal dari India dan dibawa ke semenanjung Arab melalui jalur laut maka disebut Gaharu Laut atau Cendana Laut), maka benar bahwa Al-Qust Al-Bahri memang terdapat di dalam banyak hadis. Salah satunya terdapat di dalam hadis riwayat Anas Radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah bersabda:

إِنَّ أَمْثَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ وَالْقُسْطُ الْبَحْرِيُّ

“Obat terbaik adalah Hijamah (Bekam) dan Al-Qust Al-Bahri (Cendana Laut/Gaharu Laut),” (HR Bukhari: 5696, Muslim: 1577, dan Tirmizi: 2079).

Ketika menjelaskan hadis di atas, juga sebagai penjelas tentang manfaat dari Cendana Laut (Gaharu Laut), Imam An-Nawawi Rahimahullah berkata:

“Para ahli kesehatan secara konsensus sepakat di dalam kitab-kitab mereka bahwa Cendana Laut meningkatkan volume urin dan arus menstruasi, juga bermanfaat sebagai penangkal racun, meningkatkan syahwat, serta membunuh cacing, dan sebagainya.”

Tentang perlunya dicampur dengan Habatus Sauda (Jintan Hitam) seperti yang Anda sebutkan di dalam pertanyaan, maka hal itu hanya bisa diketahui oleh orang-orang yang berpengalaman dalam pengobatan dengan herbal.

Ada jenis lain dari Cendana yang disebut dengan Cendana India, yang memiliki sifat yang berbeda dari Cendana Laut.

Ibnul Qayyim Rahimahullah, di dalam Zaadul Maad, berkata:

“Ada dua jenis Cendana, yaitu Cendana Putih yang disebut dengan Cendana Laut, dan Cendana India yang memiliki sifat paling panas daripada kedua jenis tersebut; sedang Cendana Putih cenderung dingin. Keduanya memiliki manfaat yang sangat banyak.”

Lebih lanjut, Al-Munaawi Rahimahullah berkata:

“Cendana Laut disebut sebagai Cendana Mekah, dan bisa diketahui dari warnanya yang putih, berbeda dengan Cendana India yang berwarna hitam. Jenis yang pertama (Cendana Laut) adalah yang terbaik dari kedua jenis tersebut.”

Wallahu’alam bish shawwab.

Fatwa No: 137218
Tanggal: 24 Juni 2010

Sumber:
http://www.islamweb.net/emainpage/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=137218

Penerjemah: Irfan Nugroho
Staf pengajar di Pondok Pesantren Tahfizul Quran At-Taqwa Sukoharjo


2 komentar:

  1. Asalamualaikum Bpk Irfan. Saya ingin sekali memohon jika bapak ada informasi dimana saya boleh memperolihi qisth laut atau cendana laut bagi tujuan perubatan isteri saya yang menderita kerana sakit tonsil. mohon

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalaam Bapak Musrini Sulaiman dan keluarga yang semoga diberkahi Allah.. Maaf beribu-ribu maaf, tetapi saya pribadi sampai saat ini belum tahu di mana lokasi pembelian Cendana Laut (Qust Al-Bahri).

    Kalau Bapak tinggal tidak jauh dari kawasan kampung keturunan Arab, bisa coba ditanyakan kepada mereka.

    Atau, coba silakan cari informasi penjualan Cendana Laut di Internet. Ini saya juga bantu mencarikan informasi dengan menanyakan ke teman-teman.

    Semoga istri Bapak diberi kesabaran sampai sakitnya lekas sembuh.. Aamiin

    Baarakallahu fiikum..

    ReplyDelete