Aliran Sufi, Apakah Termasuk dalam 72 Sekte yang Masuk Neraka?


Pertanyaan:
Apa pendapat Anda tentan aliran Sufi? Apakah aliran tersebut di antara 72 kelompok yang akan masuk neraka, sebagaimana yang disebutkan di dalam hadis (hadis iftiraqul ummah -penj), ataukah aliran itu termasuk kelompok yang selamat?

Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syeikh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti

Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr Radhiyallahuanhu bahwa umat ini akan terbagi ke dalam 73 kelompok; semua masuk neraka kecuali satu, yakni mereka yang mengikuti jalan Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan para sahabatnya," [HR Tirmizi: 2641. At-Tirmizi: Hasan Gharib. Al-Albani: Hasan].

Tidak diragukan lagi, aliran Sufi seperti yang kita saksikan hari ini di banyak kasus, mereka tidak mengikuti jalan Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Aliran sufi sendiri terbagi ke dalam banyak sekte, dan memiliki jalan yang berbeda-beda. Beberapa ada yang menggiring pada kekufuran, sedang yang lainnya pada kesesatan yang parah tetapi tidak mencapai derajat kafir.

Kriteria penentunya adalah mengikuti jalan Rasulullah صلى الله عليه وسلم, juga pada sahabatnya, baik di dalam perkataannya ataupun perbuatannya.

Akan tetapi, tidak diragukan lagi bahwa beberapa penganut sufi di zaman dulu (dan mereka yang mengikuinya) adalah pengikut yang sebenarnya dari jalan Rasulullah صلى الله عليه وسلم, yang menolak adanya inovasi di dalam agama.

Sungguh, Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala siapa saja yang melakukan amal saleh. Wallahu'alam bish shawwab.

Fatwa No: 322
Tanggal: 23 Zulkaidah 1428 (12 Maret 2007).

Sumber:
http://www.islamweb.net/emainpage/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=322

Penerjemah:
Irfan Nugroho

0 komentar:

Post a Comment