Tanda-Tanda Kiamat: Memberi Salam hanya kepada yang Dikenal (Tanda Kecil)


Allah telah memerintahkan untuk mengucapkan salam sebagai tanda cinta dan persahabatan di antara manusia. Yang muda menyapa yang tua; yang kaya menyalami yang miskin,

Juga, salam hendaknya diucapkan kepada semua Muslim, Arab atau nonArab, hitam atau putih, Anda harus menyapa dengan ucapan salam kepada mereka yang Anda kenal ataupun tidak.

Rasulullah bersabda:

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا ‏.‏ أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

Kalian tidak akan masuk Surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai antara yang satu dengan yang lainnya. Maukah aku tunjukkan kalian pada sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian,” (HR. Muslim: 54).

Salah satu tanda kecil Hari Kiamat adalah bahwa seseorang akan mengucapkan salam hanya kepada mereka (umat Islam) yang dia kenal, dan meninggalkan salam ketika bertemu dengan mereka (umat Islam) yang tidak mereka kenal.

Padahal, mereka tahu bahwa mengucapkan salam kepada mereka dikenal ataupun yang tidak dikenal adalah Sunah, (HR Ibnu Khuzaimah. Al-Albani: Sahih).

Abu Ja’d meriwayatkan bahwa Abdullah bin Masud Radhiyallahuanhu bertemu dengan seseorang dan orang itu berkata, “Assalamu’alaikum, Wahai Ibnu Mas’ud.”

Maka Ibnu Mas’ud berkata, “Allah dan RasulNya berkata benar. Saya mendengar Rasulullah bersabda,

مِنْ أَشْرَاط السَّاعَة أَنْ يَمُرّ الرَّجُل بِالْمَسْجِدِ لَا يُصَلِّي فِيهِ ، وَأَنْ لَا يُسَلِّم إِلَّا عَلَى مَنْ يَعْرِفهُ

“Di antara tanda-tanda (dekatnya) hari kiamat adalah seseorang melewati masjid yang tidak pernah dia shalat di sana, lalu dia hanya mengucapkan salam kepada orang yang dia kenali saja,” (Fathul Bari: 11/ 25).

Di dalam Al-Sahihain diriwayatkan bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah , “

أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ 

“Amalan Islam apa yang paling baik?”

Maka Rasulullah menjawab:

قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ »

“Memberi makan (kepada orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenali juga kepada orang yang tidak kamu kenali,” (HR. Bukhari: 6236).

Sumber:
Al-Arifi, Muhammad. Dr. 2010. The End of the World: Signs of the Hour Major and Minor. Riyadh: Darussalam

Penerjemah:
Irfan Nugroho
Staf pengajar di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Sukoharjo


0 komentar:

Post a Comment