Sejarah

Jumlah Istri Ali bin Abi Thalib, Anak, Cucu, dan Umur ketika Menikahi Fatimah

Pertanyaan: Berapa kali Ali bin Abi Thalib Radhiyallahuanhu menikah, serta berapa jumlah total anak beliau? Di umur berapa beliau menikah dengan Fatimah Radhiyallahuanha? Dan berapa anak yang mereka punya? Berapa jumlah anak Al-Hasan dan Al-Husein?

 
Jawaban oleh Tim Fatwa IslamWeb, diketuai oleh Syekh Abdullah Faqih Asy-Syinqiti
Segala puji hanya bagi Allah, Raab semesta alam. Saya bersaksi bahwa tiada Illah yang hak untuk disembah kecuali Allah, dan bahwa Muhamamd adalah hamba dan utusanNya.
 
Ali bin Abi Thalib Radhiyallahuanhu menikah dengan Fatimah Radhiyallahuanha di tahun kedua Hijriah, dan beliau melangsungkan pernikahan dengan Fatimah setelah Perang Badar. Anak-anak beliau dari Fatimah antara lain: Al-Hasan, Al-Husayn, Muhsin, Zaynab dan Umm Kulthoom, sebagaimana disebutkan di dalam Al-Bidaayah wan-Nihaayah karya Ibn Katheer.
 
Ibnu Hajar Al-Asqalani di dalam Al-Isaabah fi Tamyeez As-Sahabah berkat:
 
“Ali bin Abi Thalib bin Abdul Mutalib bin Abdul Manaf Al-Hasimi Al-Quraysi Abul Hasan adalah orang pertama yang masuk Islam, menurut pendapat beberapa ulama. Menurut pendapat yang benar, beliau dilahirkan sepuluh tahun sebelum diutusnya Muhammad sebagai Rasul . Jadi, usianya ketika menikahi Fatimah Radhiyallahuanha adalah 25 tahun, kurang lebih.
 
Lalu, setelah mangkatnya Fatimah Radhiyallahuanha, beliau menikah dengan wanita lain, di antaranya adalah:
 
1. Ummu Al-Banin binti Haram Al-Kalbiyah. Dari beliau, Ali memiliki tiga anak: Al-Abbas, Ja’far, Abdullah dan Utsman. Mereka semua terbunuh bersama Al-Husein, semoga Allah merahmati mereka semua.
 
2. Laila binti Masud binti Khalif An-Nashaliyyah At-Tamimiyah. Dari beliau Ali memiliki dua anak: Ubaidullah dan Abu Bakar.
 
3. Asma binti Umais Al-Khatamiyyah. Dari beliau Ali memiliki dua anak: Muhammad Al-Ashghar dan Yahya.
 
4. Umamah binti Abi Al-Aas, putri dari Zainab binti Rasulullah . Dari beliau Ali memiliki satu anak, Muhammad Al-Awsat.
 
5. Ummu Said, putri dari Urwan bin Masud At-Tsaqafiyah. Dari beliau Ali memiliki seorang anak bernama Ummu Al-Hasan.
 
6. Mukhbiah binti Emri Al-Qais bin Adiy Al-Kalbiyah.
 
Selain enam istri di atas, Ali Radhiyallahuanhu juga menikahi beberapa budak wanitanya seperti: As-Sahbaa binti Rabiah At-Taghlabiyah (beliau adalah salah satu tawanan perang di Ain Tamr, yang saat itu pasukan umat Islam dipimpin oleh Khalid bin Walid. Selain itu, Ali Radhiyallahuanhu juga menikahi seorang budak wanita lainnya yaitu Khawlah binti Jafar Al-Hanafiay, yang melahirkan seorang anak bernama Muhammad atau lebih dikenal dengan Ibnu Al-Hanafiyah.
 
Tentang Al-Hasan Radhiyallahuanhu, beliau memiliki 12 anak, sebagaimana disebutkan oleh Adz-Dzahabi di dalam Siyar Alamin Nubala, yaitu: Al-Hasan, Zaid, Talhah, Al-Qasim, Abu Bakar, Abdullah (mereka terbunuh di Karbala bersama paman mereka), serta Amr, Abdurrahman, Al-Husain, Muhamamd, Yaqub, dan Ismail. Mereka adalah putra dari Al-Hasan Radhiyallahuanhu.
 
Tentang Al-Husein Radiyallahuanhu, beliau memiliki empat anak, sebagaimana disebutkan oleh Adz-Dzahabi di dalam Siyar Alamin Nubala, yaitu: Ali Al-Akbar (yang dibunuh bersama ayahnya), Ali Zainal Abidin (yang memiliki banyak anak), serta Jafar dan Abdullah yang keduanya tidak memiliki anak. Wallahu’alam bish shawwab.
 
Fatwa No: 308065
Tanggal: 3 Rabiul Akhir 1437 (14 Januari 2016).
 
Sumber:
http://www.islamweb.net/emainpage/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=308065
 
Penerjemah: Irfan Nugroho
Staf pengajar di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran At-Taqwa Sukoharjo

BACA JUGA:  Kisah Pembunuhan Abu ‘Afak Sang Penista Agama

Irfan Nugroho

Hanya guru TPA di masjid kampung. Semoga pahala dakwah ini untuk ibunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button