Ribuan Tenda Pengungsi Suriah di Yordania Terbakar, Empat Meninggal Dunia


Suriah, MukminunCom- Empat pengungsi Suriah dikabarkan meninggal dunia pada Senin (02 Maret 2015) ketika tenda mereka di kamp pengungsian Zaatari, Yordania, dilahap si jago merah.

Kantor berita Reuters mengutip sumber dari agen PBB untuk masalah pengungsi dan saksi mata mengatakan bahwa keempat pengungsi Suriah yang meninggal tersebut berasal dari satu keluarga yang menempati satu dari sekian ribu rumah tenda di kamp Zaatari yang menampung kurang lebih 70.000 pengungsi Suriah.

Kepala UNHCR di Yordania, Andrew Harper, mengatakan bahwa terlalu dini untuk mencari tahu penyebab dari kebakaran yang terjadi di subuh hari tersebut. Akan tetapi, timnya mengaku menemukan satu tabung gas silinder yang biasa dipakai untuk menghangatkan rumah-rumah tenda tersebut di musim dingin.

Tak kurang dari 4.000 warga Suriah dilaporkan mengungsi dari negara tersebut sejak pasukan teroris Syiah melakukan pembantaian terhadap umat Islam sedari tahun 2011.

Pemerintah Yordania sendiri mengklaim bahwa mereka telah menampung sebanyak 1,3 juta pengungsi, sedang UNHCR sendiri mengaku telah mendaftar sebanyak 600.000 di antaranya.

Sebagian besar dari pengungsi Suriah tersebut kini tinggal di pinggiran Yordania mengingat terbatasnya kemampuan UNHCR untuk menyediakan kamp-kamp pengungsian selama ini.

Lebih parahnya lagi, kerajaan Yordania telah sejak setahun yang lalu melarang pengungsi Suriah untuk masuk ke negara tersebut karena meningkatnya tuntutan biaya yang diperlukan untuk mengurusi pengungsi Suriah tersebut. (Trust/Nugrohoirfan/Mukminun)