Rezim Syiah Hutsi di Yaman Bangun Kerja Sama dengan Negara Syiah Iran



Yaman, MukminunCom- Delegasi kementerian rezim Syiah Hutsi di Yaman dikabarkan telah mendarat di Teheran untuk mengadakan pembicaraan dengan Negara syiah Iran dalam rangka memperkuat jalinan diplomatik kedua negara tersebut.

Agenda tersebut memperkuat sinyalemen adanya bantuan militer dari Negara Syiah Iran terhadap pemberontak Syiah Hutsi di Yaman yang berhasil menggulingkan Presiden Yaman Ab Rabbuh Mansur Hadi pada Januari lalu.

Sebelumnya pihak Teheran menolak dengan tegas keterlibatan mereka terhadap aksi penggulingan Presiden Hadi tersebut meski banyak sumber mengatakan adanya penemuan berupa pengiriman peralatan tempur dari Iran ke Yaman.

Kini, media-media di Iran dengan terang-terangan menyambut baik "mitra" baru Negara Syiah Iran di Semenanjung Arab dengan berkuasanya rezim Syiah Hutsi di negara yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi.

Koran Kayhan, misalnya, menulis, "Kemenangan dari revolusi di Yaman sekali lagi membangkitkan resistensi para musuh, terutama kaum Arab yang reaksioner , di kawasan tersebut."

Dengan bersatunya dua kekuatan Syiah di Yaman dan Iran, kekuatan musuh umat Islam itu semakin berkembang setelah sebelumnya pemerintah Suriah dan Irak dengan terang-terangan mengaku bergantung kepada dukungan Iran dan juga Hizullah (baca: Hizbullata) di Lebanon.(Telegraph/Nugrohoirfan/Mukminun)