(MP3 Ceramah/Kajian) Enam Potensi Umat Islam dalam Upaya Menegakkan Diinullah

Setiap umat Islam sebenarnya dibebani kewajiban untuk menegakkan agama Allah di seluruh muka bumi. Ia adalah kewajiban yang terus berlangsung sejak zaman dahulu hingga kelak di hari kiamat.

Di dalam kajian ini, dibahas enam kekuatan utama umat Islam yang sebenarnya jika semua itu berhasil dieksploitasi maka upaya penegakkan agama Allah akan menjadi semakin mudah.

Kekuatan umat Islam yang pertama adalah kekuatan aqidah. Aqidah Islam adalah aqidah yang tidak dimiliki oleh umat agama lain. Umat Islam hanya menyembah satu Illah, bukan seperti penganut agama lain yang menyembah lebih dari satu tuhan.

Kekuatan umat Islam yang kedua adalah kekuatan akhlak. Akhlak yang mulia adalah konsekuensi dari kemurnian aqidah. Akhlak yang mulia adalah keunggulan dalam berdakwah.

Kekuatan umat Islam yang ketiga adalah kekuatan ilmu. Ilmu di sini adalah ilmu diin itu sendiri dan ilmu keduniawian. Akan tetapi, ada beberapa ilmu yang hendaknya dijauhi, yakni ilmu hitam dan ilmu filsafat.

Kekuatan umat Islam yang keempat adalah kekuatan harta. Umat Islam secara kuantitas adalah umat terbanyak kedua di dunia. Jika saja seluruh umat Islam memiliki kesadaran akan jihad harta, maka ia akan menjadi keunggulan bagi umat Islam dalam menegakkan agama Allah.

Kekuatan umat Islam yang kelima adalah kekuatan jamaah. Islam secara tabiat mengajarkan kita untuk hidup secara berjamaah. Maka di dalamnya, sebenarnya ada himbauan agar tidak mudah memvonis kafir, memvonis sesat sesama umat Islam.

Kekuatan umat Islam yang keenam adalah kekuatan jihad. Aqidah Islam yang lurus dan murni menuntut adanya pengorbanan berdasarkan akhlak yang mulia, ilmu yang benar, harta yang memadai, dan jamaah yang kuat.

Simak lebih lanjut tentang penjelasan enam potensi kekuatan umat Islam tersebut dengan mengunduh dan mendengarkan rekaman audio ceramah berikut. Selamat menikmati!

Unduh/Dengarkan (4Shared)
Unduh/Dengarkan (Dropbox)