Moscow Larang Umat Islam Jalankan Ibadah Udhiyah (Qurban)

Rusia, Mukminun.com- Umat Islam di Ibukota Rusia, Moscow, dilarang menjalankan ibadah penyembelihan udhiyah (hewan kurban) pada Idul Adha akhir pekan ini setelah otoritas negeri Komunis itu melarang ritus ibadah tersebut.

Hari raya kedua umat Islam ini biasanya ditandai dengan penyembelihan hewan kurban (udhiyah) berupa unta, sapi/kerbau, maupun kambing/domba, lalu dibagikan kepada orang-orang di sekitar.

Akan tetapi, juru bicara kooperasi interregional kota Moscow dan kepolisian nasional mengatakan kepada Interfax Rabu lalu bahwa penjualan maupun penyembelihan hewan udhiyah akan dilarang di jantung komunis tersebut pada hari raya Idul Adha Sabtu/Ahad mendatang.

Umat Islam hanya dipersilakan menyembelih hewan udhiyah di luar kota Moscow, demikian imbuhnya.

Gelombang kedatangan buruh migran di Moscow dari beberapa daerah kantung umat Islam, seperti Kaukasus Utara dan Asia Tengah, telah membawa warna baru ke dalam kehidupan kota Moscow, pusat komunisme dunia.

Saat ini, hanya ada empat masjid resmi di Moscow, yang sebenarnya kurang memadai untuk menampung jamaah yang sangat besar.

Sekitar 23 juta umat Islam kini hidup di seluruh Rusia. Jumlah tersebut sama dengan 15% dari total populasi Rusia yang berada pada angka 145 juta.(Worldbulletin/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment