Koran Mahasiswa ANU Hapus Kartun Menghina Islam


Australia, Mukminun.com – Satu kartun yang menghina Islam terbitan koran Mahasiswa Australian National University (ANU) dikabarkan telah ditarik dari internet oleh sang editor koran tersebut.

Menurutnya, hal tersebut musti dilakukan karena kekhawatiran akan adanya aksi protes massal dari umat Islam.

Koran mahasiswa bernama Woroni ini sebelumnya juga menampilkan serial kartun tentang beberapa agama di dunia seperti Katolik, Scientology, Mormonisme dan Yudaisme.

Wakil Rektor ANU Ian Young mengatakan editor koran mahasiswa Woroni mencabut versi online kartun tersebut setelah manajemen universitas menerima protes dari pihak-pihak yang merasa terdzhalimi.

Mr Young mengatakan protes tersebut diajukan atas penerbitan kartun yang muncul di halaman belakang koran mahasiswa tersebut.

"Dalam beberapa kesempatan, anak-anak muda sering ‘ngelonjak’ dan saat ini, mereka menerbitkan satu kartun yang merupakan bagian dari serangkaian kartun satir tentang agama," tutur Ian Young kepada Radio ABC.

"Untuk yang satu ini, kami rasa mereka telah kelewat batas dan kami mendapat keluhan resmi dari siswa internasional."

Berbicara pada Radio ABC pada hari Senin, Mr Young mengatakan ada juga kekhawatiran tentang aksi protes atas penerbitan kartun tersebut.

"Ada sejumlah kasus internasional kartun satir tentang Alquran yang dapat memiliki beberapa efek samping yang sangat disayangkan," katanya.

"... Kami merasa bahwa hal itu benar-benar melanggar aturan universitas dalam hal perilaku siswa."

Mr Young mengatakan siswa telah diminta untuk menarik kartun dari versi online. Wallahu’alam bish shawwab. (Canberratimes/Mukminun)