Ribuan Santri TPQ Solo Galang Aksi Solidaritas Muslim Suriah, Palestina

Solo, Mukminun.com – Teriknya kota Solo menjelang pukul 09.00 WIB seolah tak menjadi penyurut semangat sekitar 2000 santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) dari seantero kota batik ini tuk melakukan long march dari Stadion Sriwedari menuju Bundaran Gladag.

Ya, tepat pada Ahad (28/04/2013), tak kurang dari 2,000 santri TPQ dari ratusan kelompok TPQ se-Solo Raya menggelar “Aksi Solidaritas 1,000 Santri TPQ untuk Suriah-Palestina.”

Dengan menajuk jargon, “Santri TPQ Love Muslim Sedunia,” ribuan calon penerus generasi Islam ini menyusuri jalan utama kota Solo, Jalan Slamet Riyadi, untuk menyuarakan tentang pentingnya pembelaan terhadap umat Islam di Suriah dan Palestina yang sedang terdzhalimi.

“Untuk memberikan pendidikan kepada adik-adik untuk peduli sesama, sesuai dengan ajaran Islam bahwa muslim satu dengan muslim lainnya adalah saudara. Apabila saudara muslim kita terdzhalimi, kita harus menolong, dan memberikan doa,” tutur ketua Komunitas TPQ se-Solo Raya, Abdul Wahab, yang ditemui oleh Mukminun.com di sela-sela acara tersebut.

Selain membentangkan poster-poster yang menyeru umat Islam di Indonesia untuk peduli dengan umat Islam di belahan dunia lainnya, nampak juga beberapa santri ini menenteng kardus sebagai upaya penggalangan dana solidaritas Suriah dan Palestina.

“Membuat dunia membuka mata dan menggerakkan tangannya untuk menghentikan mereka yang membunuhi anak-anak Islam di Suriah, di Palestina, maupun di berbagai belahan dunia,” tutur Abdul Wahab lebih lanjut.

Selanjutnya, imbuh Abdul Wahab, dana yang terkumpul dari aksi solidaritas 1000 santri TPQ untuk Suriah-Palestina ini akan disalurkan kepada umat Islam di dua negeri Syam tersebut melalui Sahabat Al-Aqsha pada Mei mendatang.

Dalam rilis yang diterima oleh Mukminun.com, dana yang terkumpul nantinya akan dialokasikan untuk menyokong proses pembangunan beberapa tempat vital di Palestina dan Suriah seperti Rumah Sakit Bedah Indonesia-Malaysia Gaza, Pusat Pengobatan Kanker Al-Huda Gaza, Madrasayh Islamiyah Malaysia-Indonesia Gaza, Kamp Pengungsi Al-Karamah Idlib, Rumah Sakit ACMC (Aleppo City Medical Council), dan Madrasah Khaula binti Azwar Aleppo.

Turut serta dalam aksi tersebut antara lain Ustadz Ahmad Dahlan sebagai perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Surakarta, Kak Bimo – tokoh pendongeng, dan Sheikh Muhammad Al-Khattab dari Suriah.

Ditanya tentang respon masyarakat Solo, yang kala itu sedang menikmati jalan Slamet Riyadi tanpa kendaraan bermotor, tentang penggalangan dana solidaritas Suriah-Palestina, Abdul Wahab mengaku mendapat tanggapan yang sangat baik dari masyarakat.

“Respon masyarakat sangat antusias. Ketika kita penggalangan dana banyak yang memberikan sedikit sangu untuk di Car Free Day ini untuk dibagikan kepada teman-teman Suriah,” tuturnya menutup percakapan dengan Mukminun.com. (Irfan/Mukminun)

Umat Islam pembaca Mukminun.com yang ingin menyalurkan bantuan dana kepada umat Islam di Suriah ataupun Palestina, dapat disalurkan melalui:

Bank Syariah Mandiri No. Rek. 1540006443 an. M. Fanni bdn Palestina, atau

Bank Muamalat No Rek. 9244632778 an. M Fanni cq Sahabat Al-Aqsha.