Umat Islam di Staffordshire Gencar Hapus Stigma Negatif Tentang Islam

Inggris, Mukminun.com – Umat Islam di Staffordshire, Inggris Timur, dalam beberapa hari terakhir ini Nampak sibuk dalam acara ke-Islaman yang bertujuan untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang Islam.

Komunitas Muslim di kota Burton menggelar pameran selama tiga hari dengan tema "Pameran Islam" yang menawarkan wawasan yang lebih luas tentang Islam dalam upaya untuk stigma negatif tentang Islam.

Pameran Islam (Exhibition Islam) berlangsung antara 25 hingga 27 Februari 2013 dengan dukungan oleh Midlands Muslim Community di Burton dan South Derbyshire College Manajemen Pusat Kota Burton, dan East Staffordshire Borough Council.

Pengunjung pameran disajikan dengan diskusi tentang beberapa tema utama mengenai aqidah Islam (sistem kepercayaan dalam Islam), termasuk ibadah dan puasa selama bulan suci Ramadhan serta kehidupan Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam, Al-Quran dan status perempuan dalam Islam.

Penyelenggara Pameran Islam mengatakan bahwa mereka tidak bermaksud untuk mengajak umat agama lain di sekitar area untuk keluar dari agama mereka, namum menekankan pada upaya untuk menyebarkan pemahaman yang lebih baik tentang Islam di masyarakat.

"Kami ingin orang tahu bahwa Islam bukanlah suatu konsep yang asing – Islam ada di sini, telah di sini untuk waktu yang lama dan di sini untuk tinggal. Jadi semakin banyak orang yang tahu tentang hal itu, semakin baik," tutur Shahid Hussain, penyelenggara acara tersebut.

"Ini bukan misi untuk mengajak umat agama lain keluar dari agamanya – pameran ini memiliki misi untuk lebih mendidik masyarakat sehingga kita semua bisa bersama dan memahami satu sama lain," tambahnya.

Pameran Islam adalah lembaga amal yang terdaftar secara legal di kerajaan Inggris yang bertujuan untuk mempromosikan pemahaman tentang Islam dan sejarahnya termasuk seni dan telah mengadakan beberapa pameran internasional. Wallahu’alam bish shawwab. (Presstv/Mukminun)