Home » , » Sinkhole (Bumi Amblas), Satu Tanda Kiamat Terjadi di Tampa, Florida

Sinkhole (Bumi Amblas), Satu Tanda Kiamat Terjadi di Tampa, Florida

on Friday, March 01, 2013 | 8:30 pm

Amerika, Mukminun.com – Satu dari sekian tanda kiamat kecil terjadi di Tampa, Florida, Amerika Serikat pada Jumat (01/03/2013) ketika suatu sinkhole (bumi amblas) terjadi tepat di bawah kamar tidur sebuah rumah seorang pria berusia 34 tahun.

Fenomena bumi amblas (sinkhole) tersebut terjadi pada Kamis (28/02/2013) malam di Brandon, Florida.

Jumat (01/03/2013) dini hari, petugas pemadam kebakaran dari kota Hillsborough yang sedang mencoba mengevakuasi pria tersebut menilai bahwa kawasan sekitar sinkhole sangat tidak stabil untuk melanjutkan upaya penyelamatan.

Juru bicara kantor pemadam kebakaran, Jessica Damico, mengatakan bahwa pusat dari sinkhole tersebut adalah kamar tidur pria 34 tahun tersebut.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa diameter sinkhole tersebut mencapai 100 kaki (kira-kira 37 meter -red).

Tanda Kiamat Kecil
Selalu ada penjelasan rasional dari semua fenomena alam yang muncul, baik dengan teori menurut disiplin ilmu tertentu atau sekadar dugaan yang dirasionalkan.

Sebagian orang berpendapat, fenomena seperti ini tidak perlu dikait-kaitkan dengan agama atau hal-hal metafisik; adzab atau tanda kiamat karena mereka menilai bahwa semua ini hanya fenomena alam yang lumrah dan rasional.

Memang, pendapat seperti ini sedikit ada benarnya, selalu mengaitkan fenomena alam dengan hal-hal metafisik, khususnya tanda kiamat, tidak selalunya dapat dibenarkan.

Hanya saja, itu berlaku jika tidak ada nash syar’i yang menjelaskan tentang hal tersebut.

Tapi jika memang ada nash yang mensinyalir, maka menafikan sama sekali benang merah antara keduanya juga bukan hal yang benar. Walaupun untuk memastikan bahwa fenomena itulah yang dimaksud dalam nash, juga memerlukan kajian yang mendalam.

Terkait fenomena sinkhole, ada sebuah hadits yang membahas tentang fenomena sinkhole dan menyebutnya sebagai salah satu tanda kiamat.

Disebutkan dalam riwayat Aisyah, di akhir zaman nanti akan ada fenomena al-khasaf atau tanah amblas.

Fenomena alam yang dulu Allah jadikan sebagai adzab bagi Qarun dan hartanya.

Dari Ibunda Aisyah berkata bahwa Nabi bersabda, “Manusia terakhir dari umat ini akan mengalami kejadian al-maskh (pengubahan rupa), al khasaf (tanah amblas) dan qadzaf (lemparan). Aisyah bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kami binasa padahal di tengah kami ada orang-orang shalih?” Rasulullah menjawab, “Ya. Jika perbuatan keji merajalela.” (HR. at Tirmidzi, dishahihkan Imam al Albani dalam as Silsilah ash Shahihah).

Di dalam riwayat lain disebutkan, “Umat ini akan mengalami peristiwa al maskh, al khasaf dan qadzaf.” Seorang lelaki bertanya, “ Wahai Rasulullah kapan itu terjadi?” Rasulullah bersabda, “ Jika biduanita dan alat-alat musik sudah bertebaran.” (HR. at Tirmidzi, akan tetapi sanadnya mursal).

Melalui kacamata iman, kita melihat alam ini tidaklah berjalan sesuai instingnya.

Ada yang menguasai, mengatur dan memunculkan segala bentuk fenomena alam yang terjadi.

Dialah Allah Rabb semesta alam. Sabda Nabi di atas menjadi bahan peringatan bagi manusia bahwa perbuatan keji akan mendatangkan bencana. Dan al khasaf adalah salah satunya. Wallahu’alam bish shawwab. (Cbs/Arrisalah/Mukminun)
Share :
 
MUKMINUN.COM Sitemap | Privacy Policy | Contact Us | Disclaimer - Semua materi dalam website ini boleh dikopi, namun mohon berkenan mencantumkan nama website ini.