Ingin Punya Masjid, Umat Islam Beli Gereja Tua Yang Dijual

Ilustrasi: Gereja Evangelis Kapernaumkirche di Berlin

Jerman, Mukminun.com – Gereja Injil di Horn, Hamburg, Jerman yang telah ditutup dan dijual sejak 2005 insyallah akan dirubah menjadi masjid.

Ormas Islam terbesar di Hamburg, Al-Nur, merupakan pihak pembeli yang bersedia membayar gereja Kapernaumkirche evangelis tersebut dan bertujuan mengubahnya menjadi suatu masjid, yang akan dibuka untuk umat Islam pada 3 Oktober mendatang.

Hal ini merupakan akhir dari sebuah cerita yang dimulai pada tahun 2005, ketika Kapernaumkirche menutup gereja tersebut.

Pada saat itu, jemaat gereja ibadah minggu kemudian memutuskan untuk  menjual bangunan yang dibangun pada tahun 1961 oleh arsitek Otto Kindt.

Selain itu, itu bukan gereja pertama yang dijual di Jerman. Total ada 13 gereja yang dijual di Hamburg dalam beberapa tahun terakhir.

The Kapernaumkirche pertama-tama ingin dijual kepada pemilik yang ingin mengubahnya menjadi apartemen untuk orang tua.

Bangunan tersebut kemudian berganti tangan lagi dan kali ini dibeli oleh Al-Nour, ormas Islam yang didirikan pada tahun 1993 yang mewakili sekitar 80% dari populasi umat Islam di Hamburg.

Sampai saat ini, umat Islam yang tergabung dalam ormas Al-Nour menjalankan ibadah mereka di dalam garasi.

Anggota ormas Al-Nour kini dikabarkan sedang bekerja mengubah interior gereja tersebut menjadi masjid.

Biaya yang direncanakan dari proyek ini adalah satu juta dolar AS.

Menurut Daniel Abidin, presiden Al-Nour, masjid akan terbuka untuk non-muslim juga, "Rumah Tuhan akan tetap menjadi rumah Tuhan." Wallahu’alam bish shawwab. (West-info/Mukminun)