18 Mata-mata Sekte Syiah Ditangkap Otoritas Arab Saudi

Arab Saudi, Mukminun.com – Pihak berwenang Saudi menangkap 18 tersangka mata-mata, termasuk warga Iran dan Lebanon, atas tuduhan spionase untuk negara asing, tutur Kementerian Dalam Negeri pada Selasa (19/03/2013).

"Enam belas warga Saudi, seorang warga Iran dan seorang warga Lebanon ditangkap dalam suatu operasi yang terkoordinir dan berkesinambungan di empat wilayah," termasuk ibukota Riyadh dan kota suci Mekkah, kata kementerian dalam suatu pernyataan.

Beberapa mata-mata tersebut ditangkap di Provinsi Timur yang merupakan basis penganut sekte Syiah di Arab Saudi.

Penangkapan mereka dilakukan setelah kementerian menerima informasi mengenai keterlibatan Saudi dan warga asing di Arab Saudi yang melakukan aksi mata-mata untuk mencari informasi tentang obyek-obyek vital di Saudi untuk diserahkan kepada negara asing.

Para tersangka "mengumpulkan informasi tentang instalasi-instalasi penting untuk mereka berikan kepada negara asing" dimana mereka bekerja selama ini,” tutur pernyataan tersebut sebagaimana dikutip oleh kantor berita SPA.

Meskipun kementerian tidak mengungkapkan nama negara yang dimaksud, namun keterlibatan Republik Syiah Iran dalam kasus ini sangat memungkinkan.

Arab Saudi dan mitranya di Dewan Kerjasama Enam Negara Teluk memang dikabarkan sedang memiliki hubungan yang tegang dengan Iran karena dugaan bahwa Iran mendukung aksi demonstrasi anarkis kelompok Syiah di Bahrain.

Sejak awal 2011, terutama kota-kota yang menjadi basis Syiah di provinsi timur Arab Saudi sering terjadi aksi protes sporadis dan bentrokan antara polisi dan warga Syiah.

Ada sekitar dua juta Syiah di Arab Saudi dari total populasi sekitar 27,5 juta orang. Wallahu’alam bish shawwab. (Mmedia/Mukminun)