Alhamdulilah...! Adzan Kini Boleh Berkumandang di Swedia

Swedia, Mukminun.com – Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya di negara Skandinavia, dimana umat Islam di Swedia kini akhirnya dibolehkan mengumandangkan adzan melalui masjid-masjid mereka. Allahu akbar!

"Pihak berwenang akan mengatur volume suara," kata Ismail Okur, ketua Pusat Kebudayaan Islam Botkyrka kantor berita Anatolia.

Pemerintah kota di pinggiran selatan Stockholm, Botkyrka, telah menyetujui permohonan umat Islam untuk mengumandangkan adzan dari Masjid Fittja di daerah tersebut.

"Kami berterima kasih kepada anggota dewan atas dibolehkannya kumandang adzan di masjid-masjid. Kami semua sangat senang, " kata Okur.

Dalam keputusan tersebut, Adzan akan dikumandangkan sebelum shalat Jumat pada akhir Maret melalui speaker di menara masjid.

"Menurut aturan, suara azan harus mampu menjangkau dua kilometer area di sekitar masjid," kata Okur.

Masjid Fittja adalah satunya masjid di Swedia yang memiliki menara.

"Sekarang masalah ini akan diselidiki secara teknis, dan sistem suara masjid akan diperiksa. Ini mungkin akan memakan waktu satu bulan, "katanya.

"Jadi, kita dapat mengatakan bahwa pejabat agama di masjid kami dapat melafalkan azan pertama pada akhir Maret tahun ini."

Adzan adalah panggilan telah tibanya waktu shalat wajib .

Normalnya, adzan dikumandangkan lima kali dalam sehari, namun di barat, adzan sulit untuk dikumandangkan melalui pengeras suara karena dianggap menyebabkan kebisingan bagi masyarakat sekitar yang mayoritas non-muslim.

Muslim di Swedia berkisar pada angka 450.000 hingga 500.000 dari total populasi sebanyak sembilan juta jiwa, menurut laporan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2011. Wallahu’alam bish shawwab. (Onislam/Mukminun)