Mujahidin Rebut dan Kuasai Markas Angkatan Udara Terbesar Di Suriah Utara

Suriah, Mukminun.com – Sekelompook mujahidin dikabarkan berhasil merebut dan menguasai pangkalan udara Taftanaz, yang disebut sebagai pangkalan udara terbesar di Suriah utara.

Hal tersebut terungkap dari pernyataan kelompok pengamat HAM di Suriah yang menambahkan bahwa kemenangan mujahidin tersebut diraih setelah beberapa hari pertempuran melawan teroris syiah nushairiyah.

“Pertempuran di markas angkata udara Taftanaz berakhir pada pukul 11 siang waktu setempat dan pangkalan udara tersebut kini ditangan mujahidin secara keseluruhan,” tutur Rami Abdel Rahman salah satu aktivis HAM di Suriah pada Jumat (11/01).

Lebih lanjut kepada AFP Abdel Rahman mengatakan bahwa terdapat banyak korban dari pihak teroris syiah nushairiyah laknatullah, meski tak bisa dipungkiri juga terdapat lebih banyak lagi warga sipil dan mujahidin Suriah yang gugur dalam pertempuran tersebut.

Jatuhnya markas angkatan udara Taftanaz ke tangan mujahidin pada Jumat (11/01) berarti merupakan pangkalan udara ketiga yang berhasil direbut oleh mujahidin Suriah.

Beberapa bulan silam, dikabarkan bahwa mujahidin Suriah berhasil merebut dan menguasai pangkalan udara Hamdan di kawasan Albu Kamal perbatasan Iraq dan Suriah serta pangkalan udara Marj al-Sultan di ibukota Damaskus.

Perlu diketahui bahwa operasi perebutan pangkalan udara Taftanaz beberapa hari terakhir ini dipelopori oleh kelompok jihad Front Al-Nusra, Ahrar Al-Sham, dan Batalion Barisan Islam, meski tidak dipungkiri pada akhirnya seluruh umat Islam di kawasan tersebut dan mujahidin lainnya juga turut berpartisipasi dalam perjuangan suci tersebut.

Dari pihak pemerintah dzhalim Bashar Assad laknatullah sendiri dikabarkan bahwa mereka hendak mengevakuasi sekitar 60 helikopter yang terdapat di pangkalan udara tersebut dan menyisakan 20 helikopter lainnya yang dalam kondisi rusak. Wallahu’alam bish shawwab. (Alarabiya/Mukminun)

Allahumang tsur ikhwaninal muslimiina wal mujahidiina fii kuli makaan wa fii kuli zamaan... Aamiin.