Ulama Nigeria Seru Pemerintah Setempat Ijinkan Siswi Muslim Memakai Jilbab

Nigeria, Mukminun.com – Syekh Salaudeen Olayiwola, Presiden Komunitas Muslim Osun menyeru kepada pemerintah negara bagian Osun untuk menyetujui rancangan undang-undang yang membolehkan siswi muslimah mengenakan jilbab di sekolah.

Syekh Olayiwola sendiri menyatakan seruan tersebut di suatu konferensi pers terkait dengan akan datangnya tahun baru Hijriyah pada 15 November 2012 mendatang.

Terkait dengan itu, Syekh Olayiwola mengatakan bahwa Ibunda Maryam Radhiyallahuanha, ibu dari Isa Alaihissalam, juga mengenakan jilbab sepanjang hidupnya, yang mana tradisi tersebut tetap lestari di kalangan suster-suster Katholik – mengingat 50% populasi Nigeria adalah Kristiani.

“Jika umat Khatolik melangsungkan tradisi mengenakan jilbab Khatolik di gereja-gereja, tempat-tempat umum, dan sekolah-sekolah tanpa adanya komplain, umat Islam pun juga (seharusnya) dibolehkan memakai jilbab,” kata beliau.

Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa seharusnya gubernur negara bagian Osun juga membolehkan siswi muslimah di Nigeria untuk mengenakan jilbab di sekolah-sekolah.

“Kami ingin putri-putri kami mengenakan jilbab di sekolah-sekolah. Di Mekkah, setiap muslimah mengenakan jilbab, dan gubernur seharusnya mengijinkan siswi muslimah untuk mengenakannya juga,” imbuh beliau. Wallahu’alam bish shawwab. (Pmnewsnigeria/Mukminun)