Ribuan Warga London Kepung Kedutaan israel Demi Gaza dan Kemerdekaan Palestina

London, Mukminun.com – Ahad (25/11/2012), ribuan warga London, Inggris melakukan aksi jalan kaki dari Downing Street menuju kedutaan israel di Kensington sebagai perwujudan solidaritas mereka terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Setelah delapan hari kebiadaban teroris israel laknatullah yang berujung pada syahidnya 160 warga Gaza, sekitar 15,000 warga London tumpah ruah di jalanan kota London untuk menunjukkan kepada kerajaan Inggris bahwa lampu hijau yang mereka beri kepada israel bukanlah aspirasi warga London.

Kerumunan warga London kala itu sangatlah beragam, dimana banyak sekali pemuda dan mahasiswa dan peserta-peserta bertopeng bercampur baur dengan warga London lainnya, termasuk umat islam dan non-muslim.

Bendera Palestina berkibar dimana-mana, yel-yel menuntut kemerdekaan Palestina pun juga tak henti-hentinya diserukan sepanjang jalan dari Downing Street hingga kedutaan besar israel di London.

Turut hadir sebagai orator dalam acara tersebut antara lain Tony Benn, presiden dari Stop the War Coalition, delegasi dari Jenin, Palestina, novelis Mesir Adhaf Soueif, Dubes Palestina Manuel Hassassian, dan lainnya.

Ada pula beberapa aktivis non-muslim peduli Gaza yang meski tidak hadir dalam acara tersebut, namun kata-katanya juga sering dikutip oleh para orator dan demonstran saat itu, yakni jurnalis Guardian Seumas Milne dan sutradara film Ken Loach.

Misi ribuan warga London kala itu jelas, menghendaki kemerdekaan Palestina, sambil mengkampanyekan boikot produk-produk israel serta dihentikannya segala bentuk pertumpahan darah di kawasan Timur Tengah. Wallahu’alam bish shawwab. (Stopwar/Mukminun)