Penghina Islam, Sebastian Joe, Akhirnya Divonis Empat Tahun Penjara

Pelajar Ciamis Kawal Sidang Sebastian Joe | Photo: SorotNews
Ciamis, Mukminun.com – Sebastian Joe, yang ditangkap tanggal 3 Juli 2012 karena penistaan agama via jejaring sosial, akhirnya divonis penjara selama empat tahun oleh Pengadilan Negeri (PN) Ciamis pada Selasa (06/11).

Putusan hakim sendiri sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) karena sang tersangka telah terbukti melakukan hinaan dan hujatan terhadap agama Islam melalui akun facebook-nya.

Persidangan yang dipimpin oleh Hakim Dede Halim ini nampak dijaga ketat oleh petugas Polres Ciamis yang dibantu oleh ratusan laskar Front Pembela Islam (FPI) yang sedari awal selalu memantau perkembangan kasus tersebut.

Koordinator FPI Ciamis Ustadz Wawan Marwan mengungkapkan kepuasannya terhadap putusan tersebut karena menurutnya sudah “setimpal” dengan perbuatan yang dilakukan oleh Sebastian Joe.

“Kami cukup puas dengan vonis tersebut. Terdakwa harus menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan yang dilakukan,” ujar Ustadz Wawan Marwan kepada media.

Sebastian Joe sendiri ditangkap pada Selasa (03/07/2012) malam di kediamannya yang konon juga digunakan sebagai markas penyebaran aliran sesat.

Rumah yang terletak di Jalan Stasiun, Kelapa Jajar, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tersebut diserbu oleh puluhan warga, santri dan ulama setempat.

Warga dan umat Islam di Ciamis sendiri sudah tidak bisa menahan emosi atas beberapa tulisan Sebastian Joe di jejaring sosial Facebook yang memiliki tendensi untuk menghina Islam dan seolah ingin membuat agama sendiri.

Dalam penggrebekan tersebut, Sebastian Joe masih berusaha mengelak dari tudingan para santri, bahwa dirinya adalah penyebar aliran sesat.

Kondisi pun sempat memanas antara santri melawan Sebastian Joe sebelum akhirnya beberapa petugas dari Mapolsekta Ciamis menggelandang Sebastian Joe dan istrinya.

Kabar terakhir menyebutkan bahwa istri Sebastian Joe telah bertaubat dengan kembali mengucapkan kalimat syahadat. Meski begitu, belum diketahui secara pasti apakah hal tersebut juga diikuti oleh suaminya, Sebastian Joe. Wallahu’alam bish shawwab. (Pikiranrakyat/Metrotv/Mukminun)