Polisi Bahrain Gagalkan Provokasi Umat Syiah Berkedok Ritual Agama Syiah

Bahrain, Mukminun.com – Polisi di Bahrain terpaksa menembakkan gas air mata dan memblokade jalan pada Jumat (09/11) untuk mencegah provokasi ribuan umat syiah berkedok ritual keagamaan yang rencananya akan dipimpin oleh salah satu pemimpin spiritual mereka, Issa Qassim.

Tindakan tersebut muncul karena sang pemimpin spiritual tersebut pernah mendapat peringatan keras dari pemerintah setempat untuk tidak mengkritisi pemerintah Bahrain dan memicu kerusuhan antara umat Islam dengan umat syiah.

Pemenrintah Bahrain juga menilai bahwa penyelenggaraan ritual agama syiah yang dibarengkan dengan ibadah shalat Jumat umat Islam tersebut sebagai hinaan terhadap aksi masa rakyat Muslim Bahrain yang menolak provokasi umat syiah satu bulan yang lalu.

Kepada kantor berita setempat, Menteri Dalam Negeri Bahrain menyeru untuk “menghindari siapa saja yang hendak menyulut emosi umat Islam untuk berbuat kerusuhan... dan membahayakan kebebasan berekspresi.”

Kuil Diraz sendiri, yang akan dijadikan lokasi ritual umat syiah kala itu, hanya mampu menampung ratusan orang saja, namun panitia ritual agama syiah justru mengerahkan massa hingga ribuan.

Inilah yang kemudian membuat kepolisian Bahrain memblokade jalan dan membubarkan massa dengan menembakkan gas air mata.

Tensi antara umat Islam dengan umat syiah di Bahrain memang sedang memanas dalam beberapa pekan terakhir.

Sebuah aksi unjuk rasa umat syiah tahun lalu dikabarkan berhasil diredam oleh pemerintah Bahrain dengan bantuan dari negara-negara tetangga.

Meski begitu, unjuk rasa umat syiah lainnya dalam skala yang lebih kecil terus berlanjut dan sering pula dikabarkan adanya aksi masa umat syiah menentang pemerintan Bahrain yang memang didominasi oleh umat Islam.

Selain itu, tingginya tensi antara umat Islam di Bahrain dengan umat syiah di sana dibuktikan dengan penemuan fakta bahwa dua warga sipil dilaporkan menjadi korban ledakan dua bom rakitan.

Pemerintah Bahrain kemudian mengarahkan tudingan pada kelompok militer syiah Libanon, Hezbullah (baca: Hizbusy Syaithan), sebuah kelompok militan syiah yang berafiliasi dengan Iran. Wallahu’alam bish shawwab. (Reuters/Mukminun)