Menangkan Gugatan, Sheikh Abu Qatada Batal Dideportasi

Inggris, Mukminun.com – Sheikh Abu Qatada, yang ditahan atas tuduhan terorisme, akhirnya diijinkan untuk tetap tinggal di Inggris setelah memenangkan gugatan terhadap upaya pemerintah dzhalim Inggris yang hendak mendeportasinya ke Jordania.

Ulama yang disebut sebagai tangan kanan Sheikh Usamah Bin Ladin di Eropa tersebut memenangkan gugatan pada Senin (12/11) atas pemerintah London yang berupaya memindahkan beliau ke Jordania.

Upaya penggagalan deportasi ulama asal Jordan tersebut berjalan dramatis karena pengumuman hasil gugatan beliau baru dikeluarkan sesaat sebelum Sheikh Abu Qatada memasuki pesawat yang akan menghantarkannya ke Jordania.

Keputusan tersebut kemudian menjadi sesuatu yang menggemparkan bagi Sekng Theresa May, yang menyebut kemenangan gugatan Sheikh Abu Qatada sebagai sebuah “ketidakpuasan yang mendalam.”

“Sebuah ketidakpuasan yang mendalam bahwa (Sheikh) Abu Qatada tidak kunjung dideportasi ke Jordania. Juga merupakan sebuah ketidakpuasan yang mendalam bahwa Pengadilan Hak Asasi Manusia di Eropa terus-menerus ingkar janji. Pemerintah akan dan terus mengupayakan semua yang bisa dilakukan untuk mengusir (Sheikh) Abu Qatada,” ujar Theresa May.

Sheikh Abu Qatada sendiri sebenarnya sedang menjalani persidangan ulang karena tuduhan bahwa beliau terlibat dalam serangan di Jordanian tahun 1998 tidak terbukti.

Pengacara Sheikh Abu Qatada memenangkan hak bagi kliennya untuk tetap tinggal di Inggris karena kliennya tidak akan mendapatkan pengadilan yang jujur dan adil di Jordania.

Rencana deportasi Sheikh Abu Qatada dari Inggris ke Jordania muncul setelah Sekretaris Negara Theresa May mendapat surat jaminan dari pemerintah Jordania bahwa kepolisian Jordania tidak akan melakukan penyiksaan terhadap ulama tersebut jika disidangkan di negara asalnya.

Hal ini terungkap ketika Sheikh Abu Qatada melakukan pembelaan akhir bulan lalu yang kemudian hakim senior John Mitting menyimpulkan bahwa tuduhan-tudahan yang mengarah pada keterlibatan Sheikh Abu Qatada dalam kasus terorisme tahun 1998 “sangat tipis.”

Sheikh Abu Qatada sendiri secara total telah mendapat kedhzaliman dari pemerintah Inggris yang telah memenjarakan beliau selama tujuh tahun tanpa dakwaan yang jelas. Wallahu’alam bish shawwab. (Yahoonews/Mukminun)