Ulama Malaysia Larang Kaos Tim Man. Utd, Portugal, Brazil

Malaka, Mukminun.com – Para pedagang di pinggir jalan yang menjajakan kaos tim peserta Piala Eropa saat itu tengah bersiap-siap menggelar barang dagangannya.

Masyarakat yang melintasi jalan tersebut pun tertarik hendak membeli kaos tim-tim tersebut.

Namun bagi penggemar timnas Portugal, mereka harus menelan rasa kecewa karena kaos tim Portugal tidak akan ditemukan dimanapun di Malaysia.

“Kami tidak diijinkan menjual jersey tersebut (Portugal) karena kaos tersebut terdapat tanda salib,” kata seorang penjaga toko kepada salah satu media online.

Meski tidak dilarang secara formal oleh pemerintah, mayoritas ulama di Malaysia menaruh perhatian khusus pada kaos tim nasional Portugal.

Kaos timnas Portugal jelas-jelas terdapat sebuah tanda salib yang sangat besar di bagian depan yang juga simbol dari citra Portugal sebagai basis agama Kristen Katolik.

Kaos timnas Portugal bukan satu-satunya yang dilarang dari peredaran, terutama menjelang digelarnya Piala Eropa bulan ini.

Jersey timnas Brazil pun tak luput dari pantauan ulama-ulama di Malaysia karena dalam motif kaos timnas Brazil juga terdapat sebuah tanda salib yang besar.

Begitu pula dengan jersey Manchester United yang ternyata juga dilarang beredar di pasaran Malaysia karena julukan tim tersebut, “The Red Devils” (Setan-setan Merah).

Menanggapi banyaknya penggemar Manchester United yang berasal dari Asia, salah seorang ulama di Malaysia hanya berkomentar, “Kalian hanya mempromosikan setan!”

“Hal ini sangat berbahaya. Sebagai seorang Muslim, kita tidak boleh menyembah simbol-simbol agama lain, apalagi setan-setan. Hal itu akan mengikis keimanan kita terhadap Islam. Tidak ada alasan kenapa sebagai Muslim boleh mengenakan jersey-jersey semacam itu atas nama olahraga atau sekedar fashion,” jelas ulama tersebut. Wallahu’alam bish shawwab. (Bikyamasr/Mukminun)