Home » » israel Hancurkan Tempat Bersejarah Islam Di Sekitar Masjid Al-Aqsa

israel Hancurkan Tempat Bersejarah Islam Di Sekitar Masjid Al-Aqsa

on Wednesday, June 27, 2012 | 8:26 am

Palestina, Mukminun.com – Yayasan Al-Aqsa pada Senin (25/6) mengeluarkan sebuah press rilis yang mengungkap fakta bahwa buldozer-buldozer milik israel laknatullah telah menghancurkan dan merobohkan tempat-tempat bersejarah umat Islam yang dibangun pada masa Khilafah Umayah, Abbasiyah, dan Utsmani.

Yayasan Al-Qasa menyebutkan dinas arkeologi israel laknatulah telah melakukan perusakan dan penguburan situs-situs bersejarah umat Islam tersebut sejak lima tahun silam di kawasan al-Boraq.

Al-Boraq sendiri merupakan situs bersejarah umat Islam yang terletak hanya 100 meter dari tempat suci ketiga umat Islam, Masjid Al-Aqsa.

Beberapa bangunan yang dirusak dan dirubuhkan oleh israel laknatullah adalah sebuah masjid dan sebuah bangunan sekolah yang dibangun pada masa khilafah Umayyah.

Area tersebut juga merupakan bagian dari kawasan al-Magharba yang sebagian besarnya telah diluluhlantakkan oleh israel laknatullah pada 11 Juni 1967 silam, sesaat setelah israel berhasil menguasai kawasan Tepi Barat dan Jerusalem Timur.

Yayasan Al-Aqsa melaporkan bahwa beberapa kali mereka melakukan kunjungan ke tempat-tempat tersebut untuk mengambil foto dan mendokumentasikan kedzhaliman israel terhadap situs-situs bersejarah umat Islam tersebut.

“Penjajahan telah menghancurkan situs-situs kuno, situs-situs bersejarah Islam, dan bangunannya, dan mengklaim bahwa mereka menemukan situs arkeologi umat yahudi di bawahnya. israel hendak membangun sebuah Pusat Kegiatan Yahudi (di sana) dengan bangunan bawah tanah lima lantai,” ungkap Yayasan Al-Aqsa dalam press rilis mereka.

Lebih lanjut Yayasan Al-Aqsa melaporkan bahwa dinas arkeologi israel, selama 2005 hingga 2009, telah melakukan penggalian di kawasan tembok Al-Buraq hingga seluas 1.500 meter persegi.

“Penggalian dilakukan di kawasan Ash-Sharaf, yang direbut pada tahun 1967, dan sebagian besar dari bangunan-bangunan Islam dan Arab kuno telah dihancurkan. israel juga telah menghancurkan situs-situs arkeologi Islam, pemukiman, dan bangunan-bangunan publik, termasuk sebuah masjid dan Sekolah Al-Afdaliyya,” tulis Yayasan Al-Aqsa dalam press rilisnya.

Bangunan-bangunan yang dihancurkan tersebut dibangun pada masa Khilafah Umayyah, Abbasiyah, Mamluk, Ayyubi, hingga Ustmani.

“israel hendak menghapus budaya, sejarah, dan arkeologi Islam, yang telah berumur lebih dari 1.400 tahun. israel hendak menghapuskan sejarah Arab yang telah berusia lebih dari ribuan tahun,” ungkap Yayasan Al-Aqsa lebih lanjut.

Yayasan Al-Aqsa menyebut upaya israel menghancurkan situs-situs bersejarah umat Islam sebagai “pembunuhan masal yang menargetkan sejarah dan budaya Islam dan Arab di wilayah Jerusalem, khususnya wilayah yang berdampingan dengan Masjid Al-Aqsa.”

Pihak yayasan mengutuk sikap tutup mulut negara-negara Arab dan dunia internasional terkait insiden tersebut.

Dari sebuah gambar yang diambil pada 15 Juni 2012 lalu oleh sebuah pesawat Jerman yang melintas di atas Masjid Al-Aqsa terlihat jelas bahwa sebuah masjid dan sekolah Al-Afdiyya di Tembok Al-Buraq telah rata dengan tanah.

Sekolah Al-Afdiyya sendiri dibangun oleh Raja Al-Afdal Nouruddin Ali, putra dari Salahuddin Al-Ayyubi, dan telah berusia lebih dari 800 tahun.

Sekolah Al-Afdiyya kini tak bersisa menyusul upaya perubuhan dan penghancuran oleh israel laknatullah sejak 1967 silam hingga saat ini. Wallahu’alam bish shawwab. (Imemc/Mukminun)


Share :
 
MUKMINUN.COM Sitemap | Privacy Policy | Contact Us | Disclaimer - Semua materi dalam website ini boleh dikopi, namun mohon berkenan mencantumkan nama website ini.