Umat Islam Di Bulgaria Terus Mendapat Diskriminasi

Bulgaria, Mukminun.com – Diskriminasi anti-Islam terus berlanjt di Bulgaria, diikuti dengan absennya peran pemerintah dalam reformasi undang-undang dan langkah-langkah hukum yang diambil dalam beberapa tahun terakhir.

Kini umat Islam di Bulgaria terkonsentrasi dengan naiknya frekuensi diskriminasi terhadap umat Islam yang diikuti dengan minimnya tindakan hukum untuk menyelesaikan kasus-kasus diskriminatif terhadap umat Islam.

Kondisi ini kemudian diperparah dengan dipenjaranya umat Islam yang didiskriminasi dan pelabelan Hooligans bagi mereka umat Islam yang memprotes diskriminasi yang mereka terima.

Bulan lalu saja, Amnesti Internasional sempat mengeluarkan sebuah laporan yang menyeru pemerintah di negara-negara Uni Eropa untuk bertindak lebih jauh dan lebih aktif dalam menyelesaikan kasus diskriminasi terhadap umat Islam.

Mei 2011, anggota dari sayap kanan partai Ataka di Bulgaria menyerang beberapa kelompok Muslim yang sedang menjalankan shalat Jumat di sebuah Masjid di Kota Sofia.

Selain itu, pemerintah Bulgaria juga cenderung mempersulit pengurusan passport terhadap umat Islam dengan tidak mengijinkan foto berjilbab bagi Muslimah di Bulgaria.

Buku-buku sastra Islami pun ternyata juga dilarang di Bulgaria karena dianggap menyebarkan kampanye negatif melawan negara.

Di Bulgaria sendiri, terdapat sekitar satu juta umat Islam, yang berarti 10% dari total populasi di Bulgaria. Wallahu’alam bish shawwab. (Presstv/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment