Ssst…! Bentar Lagi Ada Jejaring Sosial Buat Kamu Yang Ngaku Muslim

Riyadh, Mukminun.com – Sebuah alternatif situas jejaring sosial selain facebook kiranya akan segera diluncurkan mulai Juli tahun ini, dengan harapan mampu menampung 50 juta users dalam tiga tahun pertama.

SalamWorld, yang digadang-gadang sebagai “Facebook Halal”, bertujuan menjadi situs jejaring sosial yang “lebih bersih dan lebih Islami” jika dibanding situs-situs serupa.

SalamWorld kiranya nanti mampu menyediakan fitur penyaring konten-konten berbahaya, penghinaan dan hasutan-hasutan.

Oleh karena itu, SalamWorld memiliki misi untuk (1) menghindari segala hal yang haram; (2) menguatkan nilai-nilai kebenaran; (3) menjaga harmoni dan kedamaian; serta (4) menyatukan ummat dalam dunia virtual.

Pengelola SalamWorld mengaku bahwa mereka hendak menyediakan wahana bagi 300 juta umat Islam yang menggunakan internet di seluruh dunia untuk kemudian mereka dapat menggunakan SalamWorld sebagai "mimbar bagi masyarakat Islam modern" serta media komunikasi antar komunitas Islam di seluruh dunia.

Dana sebesar 50 juta dolar AS pun telah disiapkan untuk membangun saingan Facebook ini sehingga nanti SalamWorld juga mampu menjadi penyedia layanan jual-beli atau pembayaran online dengan sistem dinar emas Islami.

Abdul-Vakhid Niyazov, presiden dari SalamWorld, mengatakan bahwa perbedaan utama dari SalamWorld dengan Facebook adalah fitur penyaring konten-konten yang bersifat penghinaan.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa SalamWorld juga bertujuan untuk memberikan citra yang lebih baik bagi Islam kepada umat non-Muslim di seluruh dunia.

Fitur-fitur lainnya adalah panduan kota, penunjuk lokasi Masjid, Islamic Center, restoran-restoran halal, dan pusat-pusat bisnis Islami terdekat, serta materi-materi Islam lainnya seperti pengajian dan artikel-artikel ringan.

Ada pula fitur yang menyediakan berita-berita terbaru serta tempat diskusi online berikut wahana belanja barang-barang Islami.

SalamWorld sendiri akan diluncurkan di Islambul, Turki, tepat pada bulan Ramadhan, dan nantinya akan beroperasi di Timur Tengah.

SalamWorld akan tersedia dalam delapan bahasa, seperti Inggris, Arab, Turki, Urdu dan Rusia. Wallahu’alam bish shawwab. (ArabNews/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment