Riset: Larangan Jilbab Berbanding Lurus Dengan Meningkatnya Diskriminasi Terhadap Wanita

Paris, Mukminun.com – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelarangan penggunaan Jilbab di Perancis dengan meningkatnya level kekerasan terhadap Muslimah berjilbab.

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kriminologi Universitas Leicester mengungkap fakta bahwa pelarangan Jilbab menimbulkan stigma negatif bahwa Muslimah berjilbab cenderung dianggap kriminal. Naudzubillahimindzalik...!

Meski dalam undang-undang pelarangan Jilbab tidak dinyatakan hal-hal negatif tentang Jilbab, namun undang-undang itu sendiri berdampak pada tumbuhnya iklim anti toleransi terhadap Islam di dunia barat.

Irene Zempi, pemimpin penelitian terrsebut, mengatakan bahwa presentasi hasil risetnya akan disampaikan besok (Rabu 23/5 di Indonesia) di sebuah seminar tentang Islamophobia di Departemen Penelitian Universitas Leicester.

“Dalam interview saya dengan Muslimah berjilbab, saya yakin bahwa pelarangan Jilbab di Perancis merupakan sebuah “pemicu” yang menyebabkan meningkatnya level kekerasan anti-Islam terhadap wanita yang mengenakan penutup wajah,” kata Zempi.

Menurut pandangan Zempi, wujud jelas dari ketakutan terhadap Islam oleh Barat adalah pelarangan Jilbab, sehingga beliau mengatakan bahwa kebijakan tersebut sebagai sebuah “serangan” terhadap Islam.

“Pelarangan Jilbab bukan berarti sebuah produk undang-undang yang “buta agama” (sekuler), melainkan sebuah serangan terhadap Islam melalui kode etik berbusana bagi umat Islam,” kata Zempi lebih lanjut.

Dalam melakukan risetnya, Zempi menggunakan metode riset kualitatif dengan wawancara terhadap Muslimah berjilbab di Perancis dan mereka memiliki passport Perancis namun tinggal di Leicester.

Beliau juga mengungkapkan bahwa kebijakan pelarangan Jilbab adalah motif yang paling kentara dalam setiap kasus diskriminasi terhadap umat Islam di ruang-ruang publik.

Semoga Allah memberikan hidayah kepada Irene Zempi sehingga mau masuk Islam dan mengenakan Jilbab setelah melakukan penelitian ini.

Semoga Allah memberi ketabahan dan kekuatan bagi Muslimah di Barat yang terus menerus menerima diskriminasi dari pihak-pihak yang anti-Islam. Aamiin. (Asianimage/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment