Hasil Riset: Masjid Ini Benar-benar Sengaja Dibakar

Wichita, Mukminun.com – Api yang membakar hebat sebuah masjid di Wichita, Kansas, AS, jelang peringatan hari Halloween merupakan sesuatu yang disengaja, demikian keterangan pejabat lokal Wichita pada Kamis (10/5).

Api yang membumbung di Jalan 3406 W, Taft, Wichita dilaporkan telah terjadi sejak pukul 12.45 dini hari waktu setempat pada peringatan Halloween tahun lalu, tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2011.

Kebakaran tersebut kemudian mengakibatkan kerugian sebesar 120.000 dolar AS, atau sekitar 1,4 milyar rupiah.

 Hasil yang diperoleh dari laboratorium Biro Alkohol, Tembakau, Kebakaran, dan Bahan Peledak di Maryland menyebutkan bahwa penyebab kebakaran di Masjid Wichita adalah disebabkan “tangan manusia.”

Lebih lanjut biro ini mengemukakan bahwa seseorang mengetahui ada orang yang berupaya membakar Masjid tersebut namun tidak segera memberi tahu pihak terkait atau warga sekitar.

Kepolisian setempat masih terus melakukan investigas terhadap siapa pelaku pembakaran tersebut, dan mengumumkan kepada publik negara bagian Kansas untuk menghubungi kepolisian setempat jika memiliki informasi terkait pembakaran masjid tersebut.

Masjid di Wichita tersebut dibangun pada 1978 dan merupakan Masjid pertama yang dibangun secara legal atas ijin pemerintah Kansas, AS.

Tepat satu hari sebelum terjadi kebakaran hebat di Masjid tersebut, takmir Masjid mengaku sempat menerima surat kaleng yang berisi kebencian terhadap Islam. (KansasCt/Mukminun)