Gembong Anti-Islam di Inggris Ditangkap Karena Status Facebook

London, Mukminun.com – Seorang anggota sayap kanan English Defese League (EDL), sebuah kelompok anti-Islam, berhasil ditangkap atas dakwaan mengancam membunuh umat Islam dengan serangan bom skala besar seperti yang dilakukan oleh Anders Behring Breivik.

Pemuda 29 tahun ini bernama lengkap Kenny Holden, dan ia ditangkap sesaat setelah mengupdate status di facebook, bahwa ia akan melancarkan sebuah serangan bom yang ditujukan kepada umat Islam.

Ia kepada kepolisian setempat bahwa rencana serangannya tersebut terinspirasi oleh serangan brutal Anders Behring Breivik “Sang Ksatria Templar” yang telah membunuh 77 warga sipil umat Kristiani di Oslo, Norwegia tahun lalu.

Pemberitaan yang massif tentang persidangan Anders Breivik akhir-akhir inilah yang membuat pemuda anti-Islam ini berniat melakukan serangan serupa.

Sebagaimana diketahui, Sang Ksatria Templar Anders Breivik telah menjalani sidangnya yang keempat atas usahanya membunuh 77 warga sipil umat Kristiani Norwegia karena ia ingin mempertahankan negaranya dari ‘penjajahan umat Islam.’

Dalam beberapa sidangnya ia mengaku melakukan hal tersebut, namun tidak mengakui bahwa aksinya tersebut sebagai sebuah tindakan kriminal karena ia melakukannya dengan dalih membela negara.

Dalam proses persidangan, Breivik juga mengaku bahwa salah satu inspirasinya adalah seorang “mentor dari Inggris” yang ia sebut sebagai sebuah kelompok ‘yang paling brilian dalam hal politik dan taktik militer di Eropa.’

Meski fakta menunjukkan bahwa memang ada keterkaitan antara EDL dengan Breivik, namun kelompok anti-Islam EDL ini selalu mengklaim bahwa organisasinya tidak memiliki itikad untuk melakukan tindakan ekstrimisme.

Namun di saat yang bersamaan, justru salah satu dedengkot EDL justru mengutarakan itikadnya terhadap ekstrimisme secara vulgar kepada publik melalui facebook. Wallahu’alam bish shawwab. (PressTV/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment