Atlet Cabor Angkat Besi Boleh Mengenakan Jilbab Di Olimpiade London

London, Mukminun.com – Menjadi tim pertama yang berkompetisi dalam kejuaraan internasional dengan mengenakan jilbab, atlet angkat beban Uni Emirat Arab akan membuat sejarah dalam pegelaran Olimpiade London.

“Kami adalah negara pertama dimana atlet (perempuan) kami akan berjilban, mengenakan busana Islami,” ungkap Jassim Abdulrahman Al-Awazi, anggota Federasi Angkat Beban Uni Emirat Arab.

Muslimah atlet angkat beban ini juga telah mendapat tempat dalam skuad tim Uni Emirat Arab di Olimpiade London, yang insyallah akan digelar pada 27 Juli hingga 12 Agustus 2012.

Kali ini, Muslimah yang menjadi atlit angkat beban diperkenankan untuk mengenakan jilbab saat mengikuti kejuaraan Olimpiade London setelah federasi angkat beban internasional merubah aturan untuk mengijinkan penggunaan jilbab.

Perubahan aturan di federasi angkat beban internasional sendiri keluar menyusul tuntutan dari seorang Muslim AS yang menjadi atlet angkat beban namun sempat dilarang tanding karena mengenakan jilbab.

Dalam aturannya yang lama, atlet angkat beban harus mengenakan baju yang tidak berkerah dengan panjang lengan tidak boleh melebihi siku dan lutut.

Namun Juli tahun lalu, peraturan tersebut dicabut untuk mengakomodir para Muslimah yang menjadi atlit angkat beban.

“Bagus untuk negara-negara Muslim bahwa isu ini telah diangkat,” ungkap Al-Awazi lebih lanjut.

“Ini bukan paksaan, ini merupakan sebuah pilihan bagi para atlit jika mereka ingin mengenakannya,” tambah Al-Awazi.

Cabang olahraga lain seperti rugby dan taekwondo juga mengijinkan atlet Muslimah untuk mengenakan jilbab dalam semua kompetisi.

Dalam Olimpiade Beijing sendiri, jilbab menunjukkan sensasinya dengan hadirnya puluhan atlet berjilbab asal Mesir, tiga atlit berjilbab dari Iran, satu orang dari Afghanistan, dan satu lagi dari Yaman. Wallahu’alam bish shawwab. (Muslimvillage/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment