Wah! Ternyata Kakek-Kakek Lebih Doyan Baca Situs Anti-Islam


Norwegia, Mukminun.com – Dengan tingkat pendidikannya yang rendah dan tak ada anak-anaknya di sekelilingnya, pria di atas 50 tahun yang menghabiskan waktu di rumah cenderung menjadi pembaca situs-situs anti-Islam.

Hal tersebut diketahui dengan menggunakan Alexa untuk menguji delapan situs yang menginspirasi Anders Behring Breivik.

Delapan situs tersebut antara lain Gates of Vienna, Jihad Watch, The Brussels Journal, Islam Watch, Atlas Shrugged, Tundra Tabloid, Vladtepesblog and The Green Arrow.

Hasil pengujiannya terhadap delapan situs tersebut menunjukkan sebuah pola yang jelas bahwa mayoritas pengunjung situs-situs tersebut adalah pria di atas 50 tahun yang menghabiskan waktunya di rumah.

Salah satu peneliti, Andreas Malm – yang juga penulis dari “The Hate Against Muslims”, menyatakan bahwa mereka yang tertarik dengan teori konspirasi mayoritas adalah pria lanjut usia yang hidup sendirian.

“Tipikal profil dari para peminat konspirasi teori adalah pria lanjut usia yang hidup sendirian, yang terobsesi dengan sebuah pertanyaan dan yang tertarik dengan teori konspirasi anti-Islam,” ungkap Andreas Malm.

Lebih lanjut Malm mengatakan bahwa ada beberapa factor yang membuat seorang pria lanjut usia menjadi doyan dengan situs-situs anti-Islam.

Faktor-faktor tersebut antara lain faktor pengangguran, perasaan dikucilkan dari masyarakat, pencarian atas suatu penjelasan, dan siapa yang pantas dikambing-hitamkan atas semua penderitaan mereka.

“Ada banyak sekali pria lansia, seringnya (mereka) pengangguran, yang mungkin merasa dikucilkan dari masyarakat, dan sedang berusaha mencari sebuah penjelasan dan kambing hitam,” kata Malm lebih lanjut.

Tor Bach, editor maalah Vepsen, mengaku tidak terkejut dengan penemuan tersebut karena ia menyadari bahwa di antara pria lansia ada persepsi yang sama tentang masyarakat dan system demokrasi.

Menurut Bach, pria lansia telah muak dengan sistem demokrasi dan sangat tidak percaya kepada anggota masyarakat yang lain karena mereka menganggap orang lain ingin membahayakannya.

Selain itu, para lansia yang doyan situs-situs anti-Islam tersebut justru percaya bahwa suatu saat dunia Arab akan menguasai Eropa.

“Orang-orang ini sangat percaya pada suatu teori konspirasi, dimana dunia Arab akan mengambil alih Eropa,” kata Bach. Wallahu’alam bish shawwab. (Foreigner/Mukminun)

0 komentar:

Post a Comment