Umat Islam Harus Menjadi Pemimpin dalam Usaha Perdamaian


Dubai, Mukminun.com – Dubai International Peace Convention resmi berakhir pada Ahad (15/4) kemarin setelah tiga hari penyelenggaraan.

Lebih dari 150.000 manusia mendatangi acara tersebut dan menyaksikan sendiri bagaimana puluhan ulama terkenal dan ribuan umat Islam bersatu menyuarakan satu kata, perdamaian.

Hal itu karena memang tujuan diselenggarakannya acara tersebut adalah untuk membantu menciptakan iklim kerjasama intelektual dan penyebaran ajaran Islam yang nantinya diharapkan mampu membina umat dan dunia pada perdamaian.

Imam Masjid Agung Kuwait, Sheikh Mishari Rashid Al Afasy sendiri juga ikut andil dalam acara tersebut dengan memimpin shalat Jumat yang dihadiri sekitar 60.000 umat Islam pada 13 April lalu.

Acara tersebut juga mengundang banyak ulama terkenal dari berbagai belahan dunia yang dinilai sukses menyuarakan perdamaian.

Mereka pun juga berkesimpulan bahwa umat Islam harus menjadi pemimpin dalam setiap usaha menciptakan perdamaian.

DR Zakir Naik, ulama asal India yang terkenal piawai dalam perbandingan agama, mengekspresikan terima kasihnya kepada pihak penyelenggara atas acara tersebut dan sangat mendukung bila acara serupa semakin sering digelar.

Dan yang paling menakjubkan dari penyelenggaraan acara tersebut adalah kenyataan bahwa puluhan pengunjung menyatakan diri memeluk Islam selama acara tersebut. Subhanallah…!

Konvensi damai ini memasukkan berbagai macam acara dan kegiatan namun tetap dalam satu koridor, yakni menyampaikan pesan damai dari Islam berikut langkah-langkah praktis mewujudkan pondasi untuk perdamaian.

Juga dibahas dalam acara tersebut adalah keajaiban Quran dari sisi syariah, social, dan terlebih lagi dari sisi bukti otentik ilmiah.

DR Hamad Al Shaibani dari Mohammed Bin Rashid Al Maktoum Award for World Peace mengungkapkan bahwa umat Islam memiliki peran sentral dalam usaha perdamaian.

“Konvensi ini telah menjadi sebuah wahana yang tepat bagi pemikir-pemikir unggulan di dunia Muslim untuk bekerja bersama-sama. Mereka telah membuat sebuah dampak yang masif dalam menumbuhkan kesadaran tujuan utama kami,” kata DR Hamad. Wallahu’alam bish shawwab. (GulfNews/Mukminun)

1 komentar:

  1. setuju banget islam harus jadi pemimpin kedamaian

    ReplyDelete