Polisi Sri Lanka Janji Masjid Dambulla Segera Beres


Sri Lanka, Mukminun.com – Pihak kepolisian Sri Lanka berjanji bahwa keributan antara umat Islam minoritas dengan umat Buddha mayoritas akan segera diselesaikan.

Mereka, lebih lanjut, mengatakan bahwa pada Senin (23/4) akan diadakan pembahasan mengenai Masjid di Dambulla yang kemarin dirobohkan 2000 umat Buddha.

Kepolisian Sri Lanka sendiri telah mengundang beberapa tokoh Buddha dan beberapa pejabat kementerian urusan agama untuk kemudian berunding mengenai penyelesaian kasus perobohan Masjid di Dambulla tersebut.

Belum ada kepastian apakah beberapa tokoh umat Islam juga akan diundang untuk pertemuan tersebut karena memang selama ini perbincangan urusan keagamaan adalah dominasi umat Buddha.

Seperti diketahui, pada Jumat (20/4) lalu, sekitar 2000 umat Buddha anarkis dan didukung oleh sekitar 300 biksu menggeruduk sebuah Masjid di Dambulla, Sri Lanka, yang mana sekitar puluhan umat Islam sedang menggelar ibadah Shalat Jumat saat itu. (Info lebih lanjut tentang peristiwa ini baca disini)

Para biksu anarkis tersebut mengklaim bahwa bangunan Masjid tersebut dibangun tepat di atas area ‘sakral’ umat Buddha, sehingga harus segera dirobohkan.

Namun klaim tersebut dibantah oleh pihak takmir Masjid Dambulla yang menyuguhkan fakta sejarah bahwa Masjid tersebut telah berdiri di area tersebut selama lebih dari 50 tahun yang dibangun setelah perjanjian kesepakatan dengan biksu Buddha saat itu. Wallahu’alam bish shawwab. (Tsl/Mukminun).

اللهم انسر اخواننا المجاهدين في سرلنك وفي كل مكان

0 komentar:

Post a Comment