Fiqih Islam: Adab setelah Buang Air

Berikut adalah makalah atau materi ceramah tentang fiqih thaharah yang diambil dari buku fiqih Islam Minhajul Muslim karya Sheikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairy. Silahkan menyimak semoga menambah keilmuan kita dan ketaatan kita dalam berIslam.

Oleh: Sheikh Abu Bakr Jabir Al-Jazairy
1. Mendahulukan kaki kanannya ketika keluar dari WC, sesuai yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad salallahu’alaihi wasalam.

2. Mengucapkan doa:
“Ghufraanaka” (Aku mohon ampunan-Mu) (HR Tirmidzi: 7, dan Ahmad: 6/155, Abu Daud: 1/55)

Atau

“Alhamdulillahilladzi adzhaba ‘annil ‘adza wa aafaanii” (Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan rasa sakit dariku dan memberikanku kesehatan,” (HR Ibnu Majah: 1/378).

Atau 

“Alhamdulillahilladzi akhsana ilayya fii awwalihi wa aakhirihi,” (Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kebaikan kepadaku pada permulaanyya dan pada akhirnya) (Subulus Salam: 1/378).

Atau

“Alhamdulillahilladzi adzaa qanii ladz dza tahu wa abqa fii quwwatahu wa adzhaba anna adzahu” (Segala puji bagi Allah yang telah memberikanku rasa enak dan menyisakan padaku kekuatan, serta menghilangkan dariku rasa sakit) (Subulus Salam: 1/254). Semua bentuk doa ini ada sumbernya dan baik diamalkan. Wallahu’alam bish shawwab.